Menteri PUPR Dikira Fotografer Istana, Begini Ceritanya

Menteri PUPR Dikira Fotografer Istana, Begini Ceritanya
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sibuk menjepret Karnaval Kemerdekaan di Bandung. Foto: CNN Indonesia/Christie Stefanie

Riauaktual.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono kerap menyalurkan hobi fotografinya dalam berbagai kesempatan. Seperti Sabtu (26/8/2017) kemarin, ia terlihat mengabadikan momen Karnaval Kemerdekaan di Bandung.

Basuki awalnya terlihat duduk manis di atas podium di sisi kiri Presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi, menyaksikan pawai kemerdekaan di depan Taman Vanda. 

Namun, tiba-tiba saja ia turun dan berdiri di dekat ujung podium untuk mengambil gambar peserta karnaval. Basuki pun tak ragu duduk di aspal layaknya sejumlah pewarta yang juga bertugas di sana. 

Basuki yang berpakaian hitam-hitam adat Jawa Barat tampak sibuk mengabadikan gambar peserta sambil sesekali menyaksikan pawai.

Aksi Basuki itu ternyata mengundang perhatian sejumlah pewarta foto. Ia bahkan sempat dikira sebagai fotografer Jokowi oleh seorang pewarta di sana. 

"Itu fotografer Istana?" tanya seorang pewarta. 

Hal itu dipertanyakan sebab Basuki berada sangat dekat dengan podium rombongan presiden. Sementara pewarta lainnya berada lebih jauh sekitar dua meter dari podium. 

Basuki juga terlihat sempat hampir terjepit ketika peserta pawai dengan semangat menghampiri Jokowi di ujung podium untuk berfoto bersama. 

Tetapi hal itu tak menyurutkan niat Basuki mengambil gambar. Ketika hampir "diserbu", ia pun sigap berdiri dan tertawa karena hal itu.

Ikut Jepret Karnaval, Menteri PUPR Dikira Fotografer IstanaFoto: CNN Indonesia/Christie Stefanie Kepada wartawan, Basuki mengatakan sengaja mengambil foto-foto Karnaval Kemerdekaan sebagai cara keluar dari rutinitas. Adapun ilmu fotografi didapatnya setelah sempat menjalani kursus fotografi. 

"Supaya jangan monoton kerja saja," kata Basuki di Bandung, kemarin (26/8).

Selain itu, menurut dia, mengambil gambar saat karnaval menjadi cara untuk mengasah kemampuan fotonya agar mendapatkan hasil lebih baik.

"Soal milih foto kan komposisinya bagus, colourfull. Kita melatih kecepatan, depth of field-nya. Jadi mau di-blur di belakang gimana. Jadi latihan," ujarnya. 

Ia meyakini kebiasan baik atau hobi yang ditekuni dan dilakukan dengan sepenuh hati pasti akan bermanfaat. Ia pun mengimbau generasi muda agar tak ragu menekuni hobi. (das/cnn)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index