Tiga Cara Memanggang Jagung Manis

Tiga Cara Memanggang Jagung Manis
Jagung Manis. int

MALAM Tahun Baru, saatnya menciptakan keceriaan dengan momen panggang jagung bersama keluarga. Berikut RiauAktual.com memberikan trik untuk membuat jagung bakar nikmat.

Jagung manis bakar, menu sempurna untuk mengisi malam perayaan Tahun Baru. Direbus dahulu kemudian dibakar juga tak kalah nikmat. Oleskan dengan mentega, dijamin kenikmatannya bikin ketagihan.

Jagung bakar dilepas ataupun tidak kulit dan tongkolnya, terserah selera Anda. Keduanya menghasilkan rasa yang khas, tentunya dengan teknik pengolahan yang berbeda.

Sebelum membicarakan cara mengolahnya, hal terpenting adalah memperhatikan kesegaran jagung manis. Zat gula alami jagung mulai berubah menjadi zat pati seketika setelah dipetik, dan hanya butuh tiga hari sebelum akhirnya zat gula tersebut menjadi hambar. Proses penyimpanan di tempat dingin dapat sedikit memperlambat proses ini.

Selanjutnya, ada tiga teknik dasar untuk mengolah jagung bakar, yakni jagung dibakar dengan kulit, jagung dibakar dengan kulit lapisan dalam, dan jagung dibakar tanpa kulit. Apapun yang Anda pilih, semuanya lezat, sesuaikan saja dengan selera.

Dua metode pertama memerlukan sedikit perendaman sebelum dibakar, untuk memberi pelindung bagi kulit. Rendam sekira 30 menit. Berikut tiga metode membakar jagung, seperti diulas Hubpages.

Jagung dibakar dengan kulit

Setelah jagung beserta kulitnya direndam, segera bakar di atas bara yang telah dipersiapkan. Biasanya butuh waktu 15 menit, bisa dibilang metode pertama ini tergolong paling mudah. Perhatikan jagung yang dipilih, baiknya beli jagung bertongkol besar dan berkulit tebal sehingga memudahkan Anda ketika membakarnya.

Hasilnya, bagian luar terbakar, dan bagian dalamnya matang, tidak jauh berbeda dengan jagung rebus atau kukus. Lepaskan kulitnya lalu sajikan dengan olesan yang terdiri dari campuran mentega, perasan air jeruk nipis, dan cabai bubuk. Anda juga bisa membuat saus mayones.

Jagung dibakar dengan kulit bagian dalam

Metode kedua juga membutuhkan perendaman, tetapi kupas dahulu sedikit kulit bagian luarnya hingga tersisa lapisan kulit yang tipis. Metode ini akan membutuhkan lebih banyak perhatian pada proses pemanggangan dibanding metode pertama untuk menghindari jagung terbakar.

Gunakan kawat saat memanggang untuk melindungi jagung dari panas bara. Jagung bakar matang ditandai dengan sedikit warna hitam. Lepaskan kulitnya lalu sajikan dengan olesan yang terdiri dari campuran mentega, perasan air jeruk nipis, dan cabai bubuk. Anda juga bisa membuat saus mayones.

Jagung dibakar tanpa kulit

Metode terakhir ini paling membutuhkan perhatian, dan akan menghasilkan jagung yang lebih hitam karena tidak adanya pelindung dari kulit jagung. Bolak-balik jagung sesering mungkin sambil mengoleskannya dengan mentega agar matang dan rasa gurihnya merata. Selain mentega, Anda bisa mengoleskannya dengan saus lain sesuai selera.

Sumber: Okefood

Berita Lainnya

View All