12-12-12, Anak Kambing Berkaki 6 dan Berkelamin Ganda Lahir

12-12-12, Anak Kambing Berkaki 6 dan Berkelamin Ganda Lahir
illustrasi (int)

Adakah kaitannya secara astrologis atau keunikan penanggalan kalender 12-12-12 dengan perkembangan janin kambing? Atau barangkali hanya fenomena alam, atau semacam kebetulan belaka? Entahlah. Yang pasti, di Desa Mancar, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang telah lahir seekor kambing berkaki 6 dan berkelamin ganda.

Keunikan ini langsung menarik perhatian warga desa. Mereka berduyun-duyun ke rumah tinggal Ponidi sang pemilik kambing.  Ponidi, Rabu (12/12/2012) mengatakan kambing betinanya melahirkan dua ekor. Yang satu lahir normal, namun anak kambing berikutnya berbeda. Setelah diamati anak kambing yang lahir berikutnya itu mempunyai 6 kaki. Tak hanya itu, kelaminnya pun ada dua. Anak kambing yang unik ini, menurut Ponidi tak akan dijual dan akan dipelihara sendiri.

Sementara itu, dokter hewan dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Jombang, Kunaji menjelaskan bahwa kelahiran bayi kambing dengan kaki 6 dan berkelamin dua, itu bukanlah suatu keanehan. Kondisi seperti itu disebabkan oleh adanya kelainan patologis. Bisa jadi ketika induk kambing mengandung terlalu banyak makan obat-obatan. Kunaji mengatakan kelahiran semacam itu perbandingannya 1.000 : 1. Jadi, kelahiran anak kambing berkaki 6 dan berkelamin 2 itu bukan disebabkan oleh fenomena alam, tapi karena terlalu banyak makan obat-obatan bersifat kimiawi yang disebut kelainan patologis. (lip)

Berita Lainnya

View All