Saat Menstruasi Perlu Juga Lakukan Olahraga Ringan

Saat Menstruasi Perlu Juga Lakukan Olahraga Ringan
illustrasi (int)

MUNGKIN anda bertanya apakah anda harus berolahraga saat menstruasi? Kram, kembung, dan pendarahan tentu tidak membuat Anda nyaman. Namun, ternyata melakukan beberapa olahraga ringan justru sangat baik dilakukan saat haid.
 
Daripada berdiam diri dan mengatasi rasa sakit saat menstruasi dengan minum obat, olahraga yang teratur adalah solusi terbaik karena mencegah berbagai macam risiko kesehatan dan penyakit.
 
Olahraga benar-benar dapat membantu Anda mengelola kram dan kembung selama haid. Beberapa manfaat yang paling kuat dari olahraga timbul karena meningkatkan aliran darah dan meningkatkan transportasi oksigen ke seluruh tubuh. Inilah sebabnya kram dapat disembuhkan dengan olahraga.
 
Kram adalah hasil dari penurunan kadar hormon, yang menyebabkan otot-otot rahim berkontraksi, membatasi aliran darah, dan transportasi oksigen. Olahraga membantu untuk melepaskan lapisan dinding rahim, demikian seperti yang dilansir Steadyhealth.

Wanita dengan saluran leher rahim lebih sempit biasanya akan mengalami rasa sakit. Olahraga ringan dapat memerangi efek ini, bahkan dalam menghadapi perubahan-perubahan hormonal yang memicu kram yang menyakitkan.
 
Olahraga meningkatkan aliran darah membantu mengurangi gejala negatif pada saat haid. Sebagai kontraksi otot dan peregangan, mereka membantu mengurangi kram. Dengan latihan teratur, sebelum dan selama periode menstruasi, Anda akan mampu mengalahkan beberapa gejala menyebalkan tanpa obat atau intervensi lainnya. (okehelath)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index