Kades Pagasing Raih Rp10 Juta Dari PAA 2012

Kades Pagasing Raih Rp10 Juta Dari PAA 2012
illustrasi (int)

ACEH (RA) - Kepala Desa Pegasing, Kecamatan Pegasing, Aceh Tengah, Asnaini meraih penghargaan Perempuan Aceh Award 2012 untuk kategori individu.

Penghargaan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Ketua DPR Aceh Hasbi Abdullah dan Wakil Wali Kota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal di Gedung Sultan Selim, Banda Aceh, Kamis (22/120121) tadi.

Ketua Pelaksana Perempuan Aceh Award 2012 Riswati mengatakan, Asnaini meraih penghargaan setelah mengungguli empat nominator lain yakni Nurjubah, Fadlina, Dwi Handayani, dan Irawati.

"Berdasarkan keputusan dewan juri yang terdiri akademisi, unsur pemerintahan, aktivis perempuan, dan penggiat LSM serta media massa, menetapkan Asnaini sebagai peraih Perempuan Aceh Award 2012," katanya.

Selain kategori individu, kata dia, Perempuan Award 2012 juga menobatkan Forum Perempuan Tuha Peut Aceh Barat sebagai peraih penghargaan kategori kelompok.

"Forum Perempuan Tuha Peut Aceh Barat dinobatkan sebagai peraih penghargaan setelah unggul dalam penilaian atas Hareukat Poma, koperasi perempuan dari Kabupaten Pidie Jaya," katanya.

Asnaini aktif sebagai pendamping Program Pengembangan Kecamatan (PPK) pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan.

Dalam kiprahnya sebagai pendamping PPK/PNPM Mandiri Pedesaan, ia membina sekitar 1.500 perempuan yang terlibat dalam kelompok simpan pinjam.

Kemudian, wanita kelahiran 24 Januari 1971 tersebut terpilih sebagai Kepala Desa Pegasing. Sebagai kepala desa, ia lebih banyak memprioritaskan program kepada perempuan dan melahirkan banyak kader posyandu dan PKK.

Dalam kiprahnya sebagai kepala desa, Asnaini mengalokasikan sekitar 50 Alokasi Dana Gampong (ADG) untuk program pemberdayaan perempuan.

Usai menerima penghargaan, Asnaini mengatakan dirinya tidak percaya dinobatkan sebagai peraih Perempuan Aceh Award 2012. Sebab, banyak wanita Aceh lainnya yang telah berjasa bagi masyarakat.

"Ini seperti mimpi. Apa yang saya lakukan selama ini hanya menjalankan aspirasi masyarakat, terutama kaum perempuan di Desa Pegasing," ungkap Asnaini.

Selain menerima plakat dan piala, peraih Perempuan Aceh Award 2012 untuk kategori individu mendapat uang tunai Rp10 juta dan empat nominator lainnya masing-masing memperoleh Rp2 juta.

Sedangkan kategori kelompok, selain menerima plakat dan piala juga menerima hadiah uang tunai Rp15 juga dan satu nominator mendapat Rp4 juta. (RA/ant)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index