Kapolri pastikan perayaan misa Natal di Indonesia berjalan lancar

Kapolri pastikan perayaan misa Natal di Indonesia berjalan lancar
kapolri

NASIONAL (RA) - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut perayaan malam misa Natal 2016 berjalan lancar. Meski ada beberapa lokasi di tetapkan siaga satu, dia memastikan tidak ada kendala apapun.

"Sampai dengan jam ini, saya sudah memantau laporan dengan Polda-polda, (Natal) berjalan dengan lancar," kata Tito di Gereja Katedral, Jakarta, Sabtu (24/12).

Terkait dengan status siaga satu, Tito menyatakan bahwa hal itu hanya diterapkan di beberapa tempat yang ada di Indonesia. "Tergantung tempatnya masing masing dan kerawanan, ada yang siaga satu, ada yang tidak," tambahnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa wilayah masuk dalam status siaga satu berada di wilayah Jawa Tengah. Namun, mantan Kapolda Metro Jaya itu enggan menjelaskan secara rinci di mana lokasinya.

"Kemarin kan ada kelompok teroris masuk dari sana. Termasuk yang Tanggerang dari sana," ujar Tito, seperti dikutip dari merdeka.com.

Sementara, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengaku telah meminta para kepala daerah mulai dari tingkat provinsi hingga kabupaten dan kota untuk melakukan peninjauan langsung ke gereja. Tentunya ini dilakukan bersama jajaran aparat kepolisian dan TNI setempat.

"Semua gubernur, bupati, wali kota seluruh Indonesia juga bersama kapolda dan TNI, kapolres dan lengkap di sana (wilayah) aktivitas yang sama untuk memberikan suasana yang tenang bahwa hari ini warga negara Indonesia yang nasrani bisa merayakan ibadah natal dengan aman dan damai," ungkap Tjahjo.

Menurut Tjahjo, kepolisian telah menjalankan instruksi presiden menjadi ujung tombak dari pengamanan dan menertibkan menjelang.perayaan natal. "Termasuk tiga mitra TNI untuk back up penuh supaya malam Natal dan perayaan Natal besok berjalan dengan aman," terangnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index