Tips Agar Tak Jadi Korban Polisi Gadungan Tukang Tilang

Tips Agar Tak Jadi Korban Polisi Gadungan Tukang Tilang
Polisi

PEKANBARU (RA) - Akhir-akhir ini pengguna kendaraan di Pekanbaru sering dibuat waswas oleh ulah polisi gadungan yang menilang pengendara.

"Hati hati ya masyarakat pengguna kendaraan, banyak polisi gadungan yang suka operasi sendiri tanpa surat perintah," kata Divisi Humas Mabes Polri yang dikutip RiauAktual.com di laman Facebook.

Setiap beraksi oknum polisi ini biasanya memakai seragam polisi tetapi ditutup pakai jaket, agar tidak terlihat papan namanya. Dengan demikian, pengendara ditakut-takuti akan dibawa ke kantor polisi terdekat atau bahkan kendaraan disita.

Kalau pengendara terlihat gugup atau takut maka pengendara akan jadi sasaran pemerasan, dan menjadi korban penipuan.

"Sebaiknya kalau terjadi pada anda, anda tantang saja minta surat tilangnya, agar menunjukkan surat perintah patroli atau Kartu Tanda Anggota Polri dengan alasan 'Bapak tidak membuka jaketnya sehingga saya tidak tahu kesatuan bapak'," pintanya.

Ditambahkannya, apabila petugas itu menolak, jangan sampai menyerahkan apapun kepadanya. Apalagi kendaraan atau SIM atau STNK dan uang. Karena pasti itu polisi gadungan iseng yang mencari uang di jalanan. (RA1)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index