DPRD Apresiasi Penertiban PKL di Badan Jalan

DPRD Apresiasi Penertiban PKL di Badan Jalan
Jhon romi sinaga

PEKANBARU (RA) - Tindakan penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) yang dilakukan oleh Tim Yustisi di Jalan Alimuddinsyah, Teratai dan Seroja, Senin, (19/9) dini hari tadi, mendapat apresiasi dari DPRD Kota Pekanbaru. Menurut dewan, saat ini banyak badan jalan tidak sesuai dengan peruntukkannya.

"Hingga hari ini kitam erasakan, tempat berjualan oleh PKL sekarang (badan jalan) tak sesuai peruntukkannya. Apalagi sekarang volume kendaraan sekarang makin padat. Dimana-mana macet," ucap Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Jhon Romi Sinaga SE.

Dia berharap, para pedagang harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, sesuai dengan regulasinya. Apalagi, Pemko sendiri telah menyiapkan lokasi dan tempat berjualan.

"Akses jalan diperuntukkan bagi pengendara lalu lintas dan pejalan kaki, bukan untuk berjualan. Apalagi pemerintah sudah siapkan lokasi tempat berjualan," cetusnya.

Menurut Politisi PDIP ini, apa yang dilakukan oleh Pemko Pekanbaru sekarang telah benar. Sebab, penertiban PKL di badan jalan dilakukan karena berkaitan dengan hak hidup orang banyak.

"Pemerintah bagus melaksanakan (Penertiban PKL). Jangan hanya jalan teratai saja, seluruh badan jalan di Pekanbaru yang dijadikan lokasi berjualan mestinya ditertibkan dengan baik," harapnya.

Selain itu ia juga mengingatkan, agar dalam penertiban jangan ada benturan fisik. Lakukanlah dengan cara-cara santun dan elegan.

"Jangan arogan. Bagaimana tim yustisi melakukan pendekatan secara persuasif supaya penertiban berjalan dengan baik, kita tidak mau ada bentrokan," tuturnya.

Terkait keluhan pedagang yang mengaku kalau lokasi tempat yang disiapkan oleh Pemko Pekanbaru sangat sepi dari pembeli, dia menyebut bahwa tidak ada pasar yang sepi dari pembeli.

"Dimana ada orang berjualan, pasti ada yang datang. Kalau ada tempat masyarakat pasti akan datang. Sekarang ini, bagaimana orang mau membeli, parkir mobil di Jalan teratai itu saja tidak ada lagi, mobil susah masuk. Makanya haris dilakukan pembenahan," terangnya.

Romi juga meminta agar fungsi terminal yang ada di Jalan Alimudinsyah yang dijadikan lokasi berdagang PKL, segera ditertibkan dan difungsikan seperti sediakala.

"Terminal disesuaikan sesuai fungsinya lagi, sehingga kedepan tidak ada lagi yang namanya kemacetan, dan kesemerautan di lokasi tersebut," pungkasnya. (IR)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index