Man City Tumbangkan MU dalam Derby di Old Trafford

Man City Tumbangkan MU dalam Derby di Old Trafford
Man City Tumbangkan MU

RIAU (RA) - Manchester City sukses menundukkan tuan rumah Manchester United 2-1 (2-1) pada laga pekan keempat Premier League, Sabtu (19/9) di Stadion Old Trafford. Man City unggul melalui gol-gol Kevin De Bruyne dan Kelechi Iheanacho. Sementara gol balasan MU dicetak Zlatan Ibrahimovic.

Sukses ini membuat Man City menorehkan catatan 100 persen menang dalam empat laga perdana mereka di Premier League musim ini, sekaligus memimpin klaemen.

Kemenangan ini juga menambah keunggulan Pep Guardiola atas Jose Mourinho. Dalam 17 pertandingan yang mempertemukan keduanya, pelatih yang musim lalu menangani Bayern Muenchen ini membawa tim asuhannya menang delapan kali, tiga kali kalah, sisanya seri.  

Meski tampil di kandang lawan, tim tamu tampil lebih dominan. Performa "Manchester Biru" bahkan mampu menenggelamkan Paul Pogba yang seolah tak terlihat perannya dalam laga derby ini.

Mourinho melakukan beberapa perubahan dalam susunan pemainnya dibanding dalam laga terakhir, Juan Mata dan Anthony Martial tergeser dari posisinya. Keduanya digantikan Henrikh Mkhitaryan dan Jesse Lingard. Bersama Wayne Rooney, mereka akan menopang penyerang tunggal, Zlatan Ibrahimovic.

Di kubu, Manchester City, Guardiola juga terpaksa mengganti penyerang Sergio Aguero yang terkena hukuman larangan tampil. Mengusung formasi, 4-3-3, pelatih asal Spanyol ini menurunkan Raheem Sterling, Kelechi Iheanacho, dan Nolito di lini depan. Kiper anyar Claudio Bravo juga memainkan debut untuk klub barunya.

Manchester City unggul 1-0 pada menit ke-15 melalui gol yang dilesakkan Kevin De Bruyne pada menit ke-15. Gol berawal dari serangan balik.

Sebuah umpan jarak jauh dari lini belakang disundul Kelechi Iheanacho dan langsung diambil De Bruyne. Luke Shaw mencoba mengahalangi pemain asal Belgia itu, namun De Bruyne dengan cerdik menghindarinya lalau melepaskan tendangan memperdaya kiper David De Gea.

Sempat terjadi insiden kecil ketika kapten MU, Wayne Rooney, dengan kasar mengambil bola yang dipegang pelatih Man City, Pep Guardiola. Namun kejadian ini tak memburuk setelah pelatih dan pemain itu bersalaman tidak lama kemudian.

MU sebenarnya nyaris menjebol gawang tamunya saat Mkhitaryan membawa bola hingga depan gawang Man City. Namun wasit menuip peluit tanda pemain asal Armenia ini terperangkap off-side.

Pada menit ke-36, tim tamu berhasil menambah keunggulan melalui aksi Kelechi Iheanacho. Gol berawal dari aksi De Bruyne yang menendang bola ke arah gawang. Bola mengenai tiang kiri gawang dan bola pantulan langsung disambar Iheanacho yang tak menyia-nyiakan peluang itu.

Manchester United memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 berkat aksi Zlatan Ibrahimovic pada menit ke-42. Pemain Swedia ini memanfaatkan kemelut di depan gawang Man City dengan melepaskan tendangan ke arah gawang yang kosong karena kiper Bravo maju untuk mengamankan bola.

Mourinho melakukan dua pergantian sekaligus memasuki babak kedua. Mkhitaryan dan Lingard ditarik dan memasukkan Marcus Rashford dan Ander Herrera.

Lima menit setelah babak kedua dimulai Ibrahimovic diganjar kartu kuning. Pemain yang didatangkan dari Paris Saint Germain ini dengan sengaja mengganjal bek Nicola Otamendi yang hendak menendang bola. Sebelumnya bek asal Argentina ini memang mampu meredam serangan pemain jangkung itu.

Menit ke-59, MU seharusnya mendapat hadiah penalti. Bola tendangan Antonio Valencia dari sisi kanan mengenai tangan Otamendi. Para pemain MU meminta wasit Mark Clattenburg memberikan hadiah penalti namun sang pengadil tak menggubris.

Enam menit kemudian, Ibra nyaris menyamakan skor setelah mendapat peluang menyusul sundulan dari Fellaini. Namun tendangan mantan pemain Barcelona ini berhasil diblok bek John Stones sehingga keluar lapangan.

"Setan Merah" sebenarnya berhasil menjebol gawang ketika tendangan Rashford menyusul aksi solonya berhasil menjebol gawang Bravo. Namun sebelum melesak ke gawang bola mengenai kaki Ibra yang sudah berada di posisi off-side.  

Menit ke-75, giliran Man City mengancam gawang MU. Berawal dari serangan balik Leroy Sane membawa bola hingga ke pertahanan lawan. Dia kemudian memberi umpan terobosan yang langsung dieksekusi De Bruyne. Bola mengenai bagian bawah tiang kiri gawang MU lalu menyusuri garis gawang lalu keluar lapangan.

Memasuki 20 menit terakhir, kedua tim saling balas menyerang. Rooney diganjar kartu kuning lantaran melakukan pelanggaran terhadap Bravo.

Memasuki injury time, Pogba nyaris menjebol gawang MU saat kemelut yang membuat Bravo dan Rooney bertabrakan. Namun bola berhasil disapu Otamendi. Saat peluit panjang dibunyikan, skor tetap 2-1 untuk keunggulan Man City. Namun pertarungan sengit ini diakhiri dengan manis ketika kedua pelatih bersalaman bahkan Mourinho terlihat merangkul Guardiola.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Manchester United (4-2-3-1): 1. David De Gea; 25. Antonio Valencia, 3. Eric Bailly, 17. Daley Blind, 23. Luke Shaw (11. Anthony Martial 80); 27. Marouane Fellaini, 6. Paul Pogba; 22. Henrikh Mkhitaryan (21. Ander Herrera 46), 10. Wayne Rooney, 14. Jesse Lingard (19. Marcus Rashford 45); 9. Zlatan Ibrahimovic.

Manchester City (4-4-2): 1. Claudio Bravo; 3. Bacary Sagna, 24. John Stones, 30. Nicolas Otamendi, 11. Aleksandar Kolarov; 17. Kevin De Bruyne (5. Pablo Zabaleta 89), 25. Fernandinho, 21. David Silva; 7. Raheem Sterling (19. Leroy Sane 59), 72. Kelechi Iheanacho (6. Fernando 52), 9. Nolito.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index