Mengharukan, pria muslim China berhaji naik sepeda 8.150 km

Mengharukan, pria muslim China berhaji naik sepeda 8.150 km
Muhammad muslim asal China naik haji pakai sepeda.

RAGAM (RA) - Seorang pria muslim dari Tiongkok rela menempuh perjalanan darat luar biasa jauh naik sepeda, demi menunaikan ibadah haji. Lelaki bernama Muhammad ini adalah seorang penggemar sepeda. Namun tidak jelas, apakah dia ke Arab Saudi naik sepeda gara-gara ketiadaan biaya.

Al Arabiya melaporkan, kemarin, Muhammad adalah pria asal Provinsi Xinjiang. Akhir pekan lalu, dia disambut oleh sesama penggemar sepeda di Kota Taif. Artinya, pria China ini sudah menempuh 8.150 kilometer lewat jalan darat demi menunaikan rukun Islam kelima.

"Kami akan menemani dia sebelum beribadah haji, kami ajak (Muhammad) bertemu rekan-rekan pesepeda lainnya," kata Nayef Al Rawas, salah satu orang yang menyambut Muhammad di Taif. Rombongan penggemar sepeda ini rencananya akan bersama-sama menuju Makkah dua hari lagi.

Walaupun di Xinjiang umat muslim mengalami represi oleh pemerintah, namun jumlah warga China berangkat haji cukup banyak. Kementerian Agama China menyatakan 14.500 orang warga negaranya dijadwalkan ke Tanah Suci sejak pekan lalu.

Sebanyak 37 penerbangan dicarter khusus mengangkut jemaah asal Tiongkok. Sejak pekan lalu, dilaporkan lebih dari 11 ribu kontingen China telah tiba di Kota Suci Makkah.

Cerita Muhammad asal Tiongkok bukan yang pertama kalinya. Pada 2007, seorang warga muslim Chechnya yang berusia 63 tahun menempuh perjalanan 12 ribu kilometer naik sepeda dari desanya ke Makkah. Pria sepuh itu rupanya pernah bernazar kepada sang ibu, jika ada sedikit rezeki untuk bertamu ke Baitullah, maka dia ingin melakukannya lewat jalan darat.
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index