Hanya butuh sebatang rokok untuk bikin sperma keok

Hanya butuh sebatang rokok untuk bikin sperma keok
rokok

RAGAM (RA) - Kamu seorang pria dan kamu seorang perokok berat? Well, berhati-hatilah sebab rokok yang kamu hisap setiap harinya mampu menurunkan kualitas spermamu.

Penelitian yang dilansir dari indiatimes.com ini melibatkan 20 pria yang merokok dan 20 pria yang tidak merokok. Para peneliti menemukan bahwa sperma para perokok memiliki tingkat kerusakan DNA yang lebih besar dibandingkan dengan non-perokok.

"Semakin banyak saja penelitian yang menunjukkan bahaya merokok, termasuk risiko buruk untuk kesehatan sperma. Beragam racun yang terkandung di dalam rokok bisa membuat kualitas sperma menurun serta melemah sehingga tidak bisa berenang menuju sel telur untuk membuahi," terang penelitian ini.

"Pada cairan sperma perokok ditemukan zat yang bernama kotin, hasil penguraian nikotin. Zat ini akan mengganggu DNA sperma. Ditambah lagi ditemukan pula radikal bebas yang terbentuk karena asap rokok yang kemudian mengubah asam lemak pelindung membran yang membuat sperma rusak."

Itulah salah satu bahaya rokok berikut asap rokok untuk kesehatan pria. Well, jika kamu sedang dalam program untuk mendapatkan keturunan maka ada baiknya agar kamu memangkas kebiasaan ini. Selain mampu mendukung kesehatan reproduksi, tidak merokok juga dapat meningkatkan kesehatan tubuhmu secara keseluruhan.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index