Ini cara agar tidur setelah sahur Anda tidak berbahaya

Ini cara agar tidur setelah sahur Anda tidak berbahaya
Ilustrasi

RAGAM (RA) - Salah satu kebiasaan yang dilakukan banyak orang saat Ramadan adalah tidur setelah sahur. Padahal, kebiasaan tersebut ternyata memiliki dampak buruk bagi tubuh. Namun Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa trik-trik aman bagi tubuh jika ingin kembali tidur usai makan sahur ini.

Seperti dirangkum dari manfaatpuasa.com dan dietsehatcantik.com, ada beberapa gangguan pada tubuh bakal Anda alami jika langsung tidur setelah sahur. Pertama, perut buncit dan berat badan naik.

Setelah makan dan kenyang, tubuh perlu waktu untuk mencerna semuanya. Tapi kalau langsung tidur begitu selesai sahur, lemak bisa tertimbun dalam perut dan tak langsung dapat dicerna dengan baik. Akibatnya, perut jadi buncit dan besar kemungkinan berat badan pun akan naik.

Kedua refluks asam lambung: Makanan yang baru masuk ke perut bisa berbalik, tadinya di lambung kemudian malah menuju kerongkongan. Ini namanya refluks. Kalau ini terjadi, kerongkonganmu akan terasa panas seperti terbakar. Tak hanya itu, mulut pun jadi terasa pahit. Pastinya tak nyaman sekali kalau habis makan sahur langsung mengalami hal ini.

Ketiga munculnya rasa panas di area dada: Saat tidur sistem pencernaan akan bekerja lebih keras untuk mencerna makanan. Nah, langsung tidur setelah sahur akan rentan terkena sakit maag akibat dari meningkatnya kadar asam lambung. Naiknya zat asam inilah yang bisa menimbulkan sensasi panas di area dada.

Keempat terkena stroke: Risiko yang satu ini memang menyeramkan. Ternyata ada penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang jeda antara tidur dan makannya lebih lama, risiko terkena gangguan stroke rendah. Dengan kata lain, kalau kita langsung tidur setelah makan (tak memberi waktu jeda yang cukup), maka risiko terkena stroke akan meningkat.

Apa solusinya?

Kalau memang rasa kantuknya tak tertahankan setelah makan sahur, usahakan untuk tidur setelah 2 jam usai makan sahur. Beri jeda waktu yang cukup untuk memberi kesempatan tubuh mencerna makanan yang baru dikonsumsi sebelum tidur.

Bisa juga dengan mengakhirkan makan sahur. Malam sebelumnya tidur lebih awal, lalu saat bangun untuk sahur, tubuh sudah bugar. Sehingga saat selesai makan sahur, tak merasa mengantuk lagi karena kebutuhan tubuh untuk istirahat sudah terpenuhi sebelumnya.

Lakukan aktivitas dulu sebelum tidur lagi. Bisa dengan menunaikan shalat Subuh dulu, lalu berzikir, dan membaca Al Quran. Beri waktu tubuh untuk mencerna makanan yang baru kita konsumsi saat sahur. Baru setelah itu bisa tidur lagi.

Godaan untuk tidur lagi setelah sahur memang sangat berat apalagi jika kita punya kewajiban untuk bekerja atau melakukan aktivitas langsung di pagi hari. Niatkan puasa untuk ibadah dan jaga pola hidup dan pola makan dengan seimbang. Maka, bukan hal mustahil bulan suci ini akan memberi banyak berkah.
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index