Jaga kesehatan mata di musim pancaroba

Jaga kesehatan mata di musim pancaroba
Jaga kesehatan mata di musim pancaroba.
RAGAM (RA) - Datangnya Bulan Ramadhan dibarengi dengan musim pancaroba, yaitu perpindahan dari musim panas ke hujan, yang rentan menimbulkan berbagai penyakit, seperti flu, batuk, hingga gangguan pada mata. Hal ini juga ditegaskan oleh Ketua Departemen Kesehatan Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat Prof.Dr.dr. I Made Djaja, SKM, MSc, bahwa pada permulaan musim hujan akan diiringi datangnya penyakit yang disebabkan oleh virus. Mulai dari chikungunya, cacar, DBD, hepatitis, dan sakit mata. Sebelum terkena dampaknya, simak beberapa tips menjaga kesehatan mata berikut ini.
 
Lindungi Mata Saat Berada di Luar Ruangan
 
Salah satu tanda datangnya musim pancaroba adalah hembusan angin yang kencang. Hati-hati, tidak hanya menerbangkan debu dan kotoran, tapi juga virus dan bakteri penyebab penyakit. Lindungi mata dengan menggunakan kacamata, terutama saat berada di luar ruangan.
 
Jika terlanjur mengalami mata merah karena kemasukan debu, segera berikan Braito Original. Obat tetes mata ini efektif mengatasi iritasi mata ringan akibat terkena angin, debu, dan kotoran. Cukup berikan 1-2 tetes di mata yang terinfeksi dan kesehatan mata pun kembali pulih.
 
Mengonsumsi Vitamin
 
Sebagai benteng perlindungan dari penyebaran penyakit, cukupi kebutuhan vitamin setiap hari, seperti vitamin C yang memperkuat daya tahan tubuh saat cuaca tidak menentu. Selain itu, jangan lupa konsumsi vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, agar tetap sehat dan cerah.
 
Biasakan memakan berbagai sayur dan buah-buahan sebagai sumber alami vitamin pada saat sahur dan berbuka puasa. Jika perlu konsumsi multivitamin untuk menjaga asupan vitamin dalam tubuh.
 
Tidur Cukup
 
Kurang istirahat, apalagi saat sedang berpuasa, dapat membuat daya tahan mudah menurun, terutama saat memasuki musim pancaroba. Tidak hanya tubuh yang mengalami dampaknya, mata pun rentan mengalami gangguan kesehatan, saat terkena radikal bebas yang beterbangan terbawa angin. Oleh karena itu, biasakan tidur selama 8 jam setiap hari, yang membuat mata selalu tampak segar saat beraktivitas, dan terlindungi dari berbagai penyakit mata.
 
Periksakan ke Dokter
 
Jika memiliki keluhan pada mata yang tidak bisa disembuhkan, walau sudah menggunakan obat tetes mata, segera kunjungi dokter mata untuk mengetahui penyakit mata yang sesungguhnya. Jangan menganggapnya remeh karena dapat berdampak lebih buruk pada mata, apabila didiamkan begitu saja.
 
Itulah tips-tips menjaga kesehatan mata saat menjalani bulan puasa yang bebarengan dengan datangnya musim pancaroba. Selalu jaga kondisi mata sebaik mungkin, agar tidak mempengaruhi aktivitas sehari-hari.(merdeka.com)
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index