3 Pola makan yang bikin puasa lancar dan tubuh tetap sehat

3 Pola makan yang bikin puasa lancar dan tubuh tetap sehat
Ilustrasi Puasa
RAGAM (RA) - Saat ini seluruh umat muslim di dunia sedang menjalankan ibadah puasa. Selama bulan suci ini para umat muslim hanya makan dua kali dalam sehari yaitu saat sahur dan berbuka.
 
Pola makan yang seperti ini tentu saja akan membuat tubuh jadi kaget sebab biasanya dalam kehidupan sehari-hari, manusia makan sebanyak 3 kali yaitu sarapan, makan siang, dan makan malam. Bisa jadi puasa akan membuat sistem pencernaan menjadi tidak nyaman.
 
Namun, hal ini bukan berarti kamu yang beragama muslim tidak menjalankan ibadah puasa. Berikut adalah beberapa aturan penting dalam pola makan yang bisa mendukung ibadah puasamu agar selalu lancar dan berbonus tubuh yang sehat.
 
Konsumsi makanan sederhana saat buka
Ketika kamu seharian puasa, maka sistem pencernaanmu pastilah beristirahat dan kosong. Untuk itulah sangat bijak jika kamu memilih makanan yang sederhana dan mudah untuk dicerna saat buka. Hindari mengonsumsi makanan pedas, berminyak, atau dengan bumbu yang terlalu kaya karena bisa menyebabkan masalah pencernaan.
 
Konsumsi banyak sayur dan buah
Ingin ngemil saat selesai tarawih karena masih lapar? Pilihlah camilan yang mengandung banyak sayur dan buah. Sebab selain tinggi nutrisi, kedua makanan ini juga tinggi air sehingga bisa menghidrasi tubuhmu dengan baik karena saat puasa kamu tidak diperbolehkan untuk minum.
 
Konsumsi protein dan karbohidrat saat sahur
Mengonsumsi protein dan karbohidrat sangat disarankan saat sahur. Sebab makanan ini bisa membuatmu merasa kenyang dalam jangka waktu yang lama. Namun pilihlah protein dan karbohidrat yang sehat seperti kacang almond, oatmeal, serta daging rendah lemak.
 
Puasa memang bisa membuat pencernaanmu kaget. Namun kamu bisa menghindari hal tersebut dengan pola makan yang sehat seperti penjelasan di atas. Selamat mencoba!.(merdeka.com)
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index