Ini lho alasan tidak boleh mengucek mata saat gatal

Ini lho alasan tidak boleh mengucek mata saat gatal
mengucek mata

RAGAM (RA) - Sedang asyik ngabuburit bareng teman-teman, tau-tau mata terasa gatal. Refleks, jari tangan mulai mengucek mata dengan harapan dapat menghilangkan rasa gatal tersebut. Perpaduan antara rasa gatal, pedih, dan disertai kelegaan ini seakan memberikan sensasi tersendiri sehingga sulit untuk dihentikan. Padahal aktivitas ini tidak disarankan oleh para ahli mata, karena dapat menimbulkan efek buruk.

Menurut Susan Resnick, OD, mengucek mata saat gatal justru memperburuk kondisi, dengan menimbulkan mata merah dan memicu rasa gatal yang makin parah. Optometris yang bermukim di New York itu menjelaskan bahwa mengucek mata dapat memperburuk alergi, dengan merangsang sel-sel di mata untuk melepaskan histamine. Inilah yang menyebabkan mata mengalami kemerahan dan rasa gatal yang kian menjadi-jadi.

Tidak hanya itu, mengucek mata dapat membuat bakteri dan virus yang ada di tangan berpindah ke mata. Terlalu sering menyentuh mata dengan tangan yang kotor menjadi penyebab awal terjadinya infeksi dan iritasi mata. Hal ini dipicu oleh kondisi tangan yang menjadi tempat berkembang biaknya bakteri, dan menempelnya kotoran maupun virus saat beraktivitas.

Masih menurut Resnick, mengucek mata yang gatal juga dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya astigatmatisme atau perubahan kornea. Pasti nggak mau ya terkena gangguan kesehatan mata yang satu ini. Selain membuat pandangan jadi kabur dan hanya bisa menfokuskan penglihatan pada satu titik saja, astigatmatisme juga menimbulkan beragam keluhan, seperti sakit kepala, rasa lelah pada mata, serta menurunnya daya penglihatan.

Oleh karena itu, hindari mengucek mata apabila rasa gatal mulai menyerang. Jauhkan tangan dari mata dan lawan keinginan untuk menggosok-gosok mata. Lanjutkan dengan memberikan obat tetes mata yang mampu mengatasi mata lelah dan kering secara efektif, serta menyembuhkan iritasi mata ringan, penyebab mata gatal.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index