Maradona: Messi Tidak Punya Kepribadian

Maradona: Messi Tidak Punya Kepribadian
Diego Maradona

RAGAM (RA) -  Legenda sepak bola Argentina, Diego Maradona, mengkritik rekan senegaranya Lionel Messi yang menjadi bintang klub Barcelona. Messi disebutnya tidak memiliki jiwa kepemimpinan yang dibutuhkan untuk membawa Argentina berjaya di level internasional.  

Messi, yang sudah lima kali meraih penghargaan Ballon d'Or, kerap dibandingkan dengan Maradona sepanjang karirnya dan sering mendapat kritik karena belum bisa memenangkan gelar bersama timnas berjuluk Albiceleste itu.

Maradona pada Kamis (09/06/2016) berada di Paris, Perancis, bersama legenda sepak bola Pele untuk acara promosi Piala Eropa. Pele pada kesempatan itu menanyakan pendapat Maradona tentang Messi.

"Dia adalah orang hebat, tapi dia tidak punya kepribadian," jawab Maradona.

"Dia tidak memiliki kepribadian untuk menjadi pemimpin," kata Maradona dilansir ESPN, Jumat.

Maradona berhasil membawa Argentina menjuarai Piala Dunia 1986 sedangkan Messi gagal memenangkan Piala Dunia 2014 setelah ditekuk Jerman di final.

Messi absen pada laga pembuka Copa America awal pekan ini, namun diperkirakan sudah bugar dari cedera punggung untuk menghadapi Panama pada Jumat.

Selama berkarir 21 tahun untuk klub, Maradona memenangkan gelar liga untuk Boca Juniors di Argentina dan juara Serie A bersama Napoli. Messi memenangkan tujuh piala La Liga Spanyol, empat gelar Liga Champions dan tiga gelar Copa del Rey.

Maradona justru mendukung saingan Messi, Cristiano Ronaldo, dengan menyebutnya sebagai pemain paling bersinar di Piala Eropa 2016.

"Cristiano, tak diragukan lagi, adalah bintangnya," kata dia.

"Dia salah satu pemain yang bisa menempatkan timnya di final sendirian. Dia adalah budaya sepak bola. Siapa yang suka sepak bola, suka Cristiano."

Maradona mengatakan bahwa pesepakbola seperti Ronaldo tidak akan merasakan tekanan dalam turnamen besar.

"Tekanan? Saya tidak berpikir pemain dengan pengalamannya bisa berada di bawah tekanan dalam sebuah turnamen," katanya.

"Orang-orang yang harus merasakan tekanan adalah pemain bertahan yang harus menghadapinya selama pertandingan."

Maradona juga mengatakan semua kontestan Piala Eropa memiliki peluang yang sama untuk menjadi juara.

"Favorit? Dalam sepakbola tidak ada lawan yang kecil. Siapapun bisa mengejutkan Anda dalam pertandingan. Saya melihat banyak tim yang bisa melakukannya dengan baik, tapi bola yang akan memutuskan. Misalnya, Inggris telah sedikit meningkat," katanya.

"Ada beberapa pemain yang ingin saya tonton di turnamen. (Eden) Hazard, (Kevin) De Bruyne, (Wayne) Rooney, (Andres) Iniesta ... mereka orang-orang yang membuat Anda ingin duduk di depan TV untuk menonton pertandingan," jelas Maradona.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index