8 Cara jitu jaga kesehatan perut di bulan puasa

8 Cara jitu jaga kesehatan perut di bulan puasa
Ilustrasi puasa.
RAGAM (RA) - Dalam bulan puasa seperti saat ini, kesehatan perut menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Sebab selama lebih dari 12 jam perutmu kosong dan makanan yang pertama kali dikonsumsi saat buka puasa tak jarang akan membuatmu mengalami gangguan pencernaan. Akibatnya, puasa pun jadi tidak kusyuk lagi.
 
Nah, daripada terjebak dengan gangguan pencernaan yang tidak menyenangkan, lebih baik ikuti tips di bawah ini.
 
Saat puasa, jangan lupa untuk mengonsumsi banyak sayuran yang kaya serat sehat seperti buncis, dedaunan hijau, atau brokoli. Serat akan membersihkan sistem pencernaanmu dan membuatmu terhindar dari sulit BAB.
Selain sayur, kamu juga harus banyak makan buah. Karena buah juga tinggi serat dan kaya air yang bisa menghidrasi tubuhmu dengan baik.
Tak hanya sayur dan buah saja yang kaya serat, gandum juga mengandung serat. Mengonsumsi gandum atau beras merah saat puasa bisa menghindarkanmu dari sembelit.
Kamu tetap butuh lemak saat puasa. Namun pilihlah produk hewani yang rendah lemak atau mengandung lemak sehat dan tinggi protein yang bermanfaat untuk membangun sistem kekebalan tubuh.
Bakteri probiotik diperlukan untuk membuat ususmu tetap sehat. Oleh karena itu tak ada salahnya jika saat buka atau sahur, kamu makan yogurt.
Kurma merupakan sumber makanan yang kaya serat, karbohidrat, kalium, dan magnesium. Semuanya berfungsi untuk menjaga tubuh dan kesehatan pencernaan selalu sehat di saat puasa.
Tak hanya kurma saja yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan saat puasa. Berbuka denga kacang almond juga mampu mendukung kesehatan pencernaanmu sebab almond kaya akan protein, serat, serta mengandung lebih sedikit lemak.
Terakhir, jangan lupa untuk banyak minum air atau jus buah segar. Selain bisa menghidrasi tubuhmu dengan baik, minum banyak air juga akan mendukung kesehatan konstipasimu.(merdeka.com)
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index