Apakah matahari diam atau berputar seperti Bumi?

Apakah matahari diam atau berputar seperti Bumi?
Ilustrasi rotasi matahari.

RAGAM (RA) - Matahari selalu ada menyinari Bumi di atas kita. Namun gara-gara teriknya sinar matahari, sulit memastikan apakah matahari berputar pada sumbunya layaknya Bumi.

Bumi membutuhkan waktu 24 jam atau satu hari untuk sekali berotasi. Putaran ini juga lah yang mengakibatkan adanya siang malam. Akan tetapi matahari berbeda dari Bumi karena bahan dasarnya adalah gas, bukannya batuan seperti Bumi. Lalu, apakah matahari berputar seperti Bumi?

Jawabannya adalah iya. Tetapi rotasi matahari ini tidak tetap dan berlangsung lebih lambat akibat matahari adalah bola gas atau plasma.

Matahari berputar tak karuan

Hal yang membuat ilmuwan takjub adalah bagian matahari memiliki waktu rotasi yang berbeda. Pembagian waktu rotasi ini mirip dengan pembagian iklim Bumi berdasarkan garis lintang (garis yang membagi Bumi menjadi utara dan selatan).

Di bagian khatulistiwa matahari, kecepatan putarannya paling tinggi, yakni 25 hari untuk satu putaran penuh. Dan semakin naik ke atas atau turun ke bawah menjauhi garis khatulistiwa, kecepatan rotasi matahari menurun.

Bagian sekitar kutub utara dan selatan matahari memerlukan waktu 35 hari untuk sekali putaran. Ya, kecepatan putaran bagian kutub dan khatulistiwa matahari berbeda hingga 10 hari!

Kapan manusia tahu matahari berputar?

Orang pertama yang menyadari bila matahari juga berotasi seperti Bumi adalah Galileo Galilei. Di tahun 1612, dia menyadari bila bintik hitam matahari bergerak di sekitar khatulistiwanya. Sampai saat ini, pakar astronomi masih menggunakan posisi bintik hitam matahari untuk mengukur kecepatan rotasi matahari.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index