Bau mulut tak sedap, obati dengan ini

Bau mulut tak sedap, obati dengan ini
ilustrasi

RAGAM (RA) - Beberapa waktu  lalu, si Imam  mendapat panggilan tes wawancara di sebuah perusahaan swasta nasional yang bonafide. Namun, karena kesiangan, untuk memburu waktu Imam pun tak sempat mandi dan gosok gigi. Ia hanya sempat mencuci mukanya agar tidak kelihatan kusut. Alhasil, baru beberapa menit dirinya duduk untuk mengikuti sesi wawancara, pihak pewawancara mengusir Imam secara halus, karena tak kuat menahan bau menyengat dari mulut Imam.

Ya, bau mulut tak sedap memang sering kali mengganggu aktivitas kita sehari – hari. Baik dalam  kegiatan sekolah, kuliah, hingga urusan mencari pekerjaan seperti yang dialami Imam. Sering kali kita tidak menyadari hal itu, padahal jika dibiarkan  terus menerus, hal itu bisa menjadi penghambat karir seperti yang dialami Imam.

Bau mulut atau halitosis, bukanlah suatu penyakit. Bau  mulut sendiri, bisa disebabkan dari berbagai faktor, diantaranya bakteri yang ada di dalam mulut, atau faktor lainnya seperti mulut yang kering sehabis tidur, minum alkohol, merokok, serta menderita penyakit paru – paru. Selain berbagai faktor di atas, bau mulut juga bisa disebabkan berbagai faktor makanan yang kita makan, diantaranya  mengkosumsi petai, jengkol, atau berbagi makanan yang berbau lain seperti bawang merah dan bawang putih.   

Untuk menghilangkan bau mulut tersebut, maka ada beberapa hal yang bisa kita lakukan sesuai dengan penyebabnya. Jika bau mulut karena mulut kering seusai tidur atau mengkonsumsi makanan berbau, maka kita bisa menghilangkannya dengan cara menggosok gigi secara teratur, terutama sesudah makan. Jika bau mulut, disebabkan karena kita merokok, maka mulai sekarang berhentilah merokok. Selanjutnya, jika bau mulut itu karena terkena infeksi paru - paru, maka obati segera, dengan memeriksakan ke dokter.  

Selain berbagai obat konvensional, untuk menghilangkan bau  mulut tak sedap, terutama jika kita sedang menunaikan ibadah puasa seperti sekarang ini, maka kita bisa mengobatinya dengan cara tradisional seperti dengan menggunakan daun pinang. Caranya, siapkan daun pinang dan daun beluntas secukupnya. Setelah itu cuci bersih kedua daun tersebut, lalu rebus dengan air mendidih. Selanjutnya, diamkan sejenak hingga hangat, lalu konsumsi air rebusan tersebut secara teratur, tiga kali dalam sehari.

Selain daun pinang dan beluntas, anda juga bisa memanfaatkan daun sirih yang tumbuh di sekitar lingkungan rumah. Caranya, siapkan sekitar lima lembar daun sirih. Selanjutnya, setelah dicuci hingga bersih, lalu seduh dengan air panas ukuran satu gelas. Setelah dingin, gunakan air tersebut untuk berkumur. Lakukan hal itu beberapa kali dalam sehari.

Jika hal itu kurang berdampak, maka coba tumbuk beberapa kuntum bunga sirih, bunga tanjung, dan biji kapulaga secukupnya. Setelah halus, maka peras dan campurkan air perasan bahan tersebut dengan air matang secukupnya. Selanjutnya, air perasan pun siap untuk dikonsumsi. Minum  ramuan ini secara teratur dua hingga tiga kali sehari.

Untuk mengusir bau mulut, anda juga bisa memanfaatan cengkeh sebagai obatnya. Caranya siapkan cengkeh secukupnya, lalu seduh dengan segelas air panas. Diamkan sejenak, setelah hangat, gunakan air  ini untuk berkumur. Anda juga bisa memanfaatkan daun kemangi untuk menghilangkan bau mulut tak sedap, Caranya gunakan daun  kemangi sebagai  lalapan  setelah anda makan.

Tak hanya itu, anda juga memanfaatkan daun pegagan dan kapulaga untuk mengobati bau  mulut anda. Caranya, cuci bersih kedua bahan tersebut, lalu seduh dengan segelas air panas. Diamkan hingga air dingin, lalu konsumsi setiap pagi hari. Agar lebih maksimal, konsumsi air seduhan  ini sebelum anda mengkonsumsi makanan apapun.

Cara selanjutnya, siapkan kapulaga, adas dan daun beluntas secukupnya.  Setelah itu, cuci bahan - bahan tersebut hingga bersih, lalu rebus bahan tersebut hingga air mendidih, dan campurkan garam secukupnya. Selanjutnya diamkan sejenak hingga air berubah menjadi hangat, lalu peras air rebusan tersebut untuk berkumur. Untuk hasil maksimal konsumsi ramuan ini tiga kali sehari ya.

Terakhir, kukus daun beluntas yang sudah dibersihkan, lalu konsumsi daun tersebut sebagai lalapan. Mudah bukan caranya. Selamat mencoba ya, semoga bau mulut anda cepat hilang. (merdeka.com)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index