MotoGP pakai layout F1 usai insiden Salom di Catalunya

MotoGP pakai layout F1 usai insiden Salom di Catalunya
Luis Salom

RAGAM (RA) - Usai kecelakaan tragis yang merenggut nyawa pebalap SAG Racing Team, Luis Salom dalam sesi latihan kedua Moto2 Catalunya, Spanyol pada hari Jumat (3/5), Safety Commission pun segera bertindak cepat mengatasi masalah yang ada dengan melakukan pertemuan dengan para pebalap.

Atas persetujuan dari Keluarga Salom, para pebalap, tim dan Safety Commission sepakat untuk melanjutkan pekan balap di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Montmelo dengan beberapa perubahan layout lintasan dan revisi jadwal pekan balap.

Salom mengalami kecelakaan dalam kecepatan tinggi di tikungan ke-12. Kecelakaan ini tak terekam oleh kamera resmi Dorna Sports selaku promotor MotoGP, namun dari rekaman CCTV yang beredar dapat terlihat Salom menabrak dinding pembatas.

Rapat Safety Commission pun digelar usai kecelakaan Salom, dihadiri oleh Marc Marquez, Andrea Iannone, Pol Espargaro, Jack Miller, Bradley Smith, Alvaro Bautista, Aleix Espargaro, Andrea Dovizioso, Tito Rabat dan Cal Crutchlow. Rapat ini menghasilkan kesepakatan untuk mengubah konfigurasi lintasan ke layout yang selama ini digunakan Formula 1.

Layout F1 ini sejatinya sudah dijajal oleh para pebalap MotoGP dalam uji coba resmi dua tahun lalu, namun tak segera disetujui. Mengingat lintasan MotoGP Catalunya akan berganti ke layout yang dipakai F1, maka akan ada penambahan durasi sesi latihan bebas ketiga selama 15 menit untuk masing-masing kelas balap.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index