Cara Membuat Blog yang Benar, Tepat dan Bisa Menjadi Mesin Uang.

Cara Membuat Blog yang Benar, Tepat dan Bisa Menjadi Mesin Uang.
ilustrasi

RIAUAKTUAL.COM - Cara membuat blog yang benar, tepat, keren dan banyak pengunjung? Pertanyaan itu mungkin sudah terlalu biasa di jaman sekarang. Mengingat ada banyak blog baru yang bermunculan hampir setiap harinya dengan beragam konten. Tapi pertanyaan tentang benar dan tepatnya sebuah blog selalu penting karena kita sering menemukan  blog asal-asalan yang isinya cenderung pengulangan dari situs-situs lain. Padahal membuat sebuah blog sebetulnya sangat mudah dan tidak menyita banyak biaya sudah banyak tutorialnya yang berseliweren di internet dan videonya di youtube, bahkan di Toko Buku Gramedia pun buanyyakk banget bukunya yang secara teknis menjelaskannya step by step secara mudah dan jelas. Namun sayangnya semuanya tidak membahas pentingnya membuat konsep dulu sebelum membuat blog. Ini yang sangat penting agar blog anda mencapai target yang anda inginkan. Apalagi jika anda hendak menjadikan blog anda mesin uang.

Tujuan Membuat Blog

Banyak orang membuat blog hanya ingin mendulang popularitas. Hal itu sah-sah saja. Selama pemilik blog sanggup bertanggungjawab atas segala isi di dalam blog. Ada juga yang punya tujuan bisnis dengan menawarkan dan menjual produk-produk. Selain itu banyak juga yang membuat blog sebagai semacam jurnal pribadi, media informasi, dan lain sebagainya. Anda bisa memilih WordPress, Blogspot, atau penyedia blog gratis lainnya. Selama Anda punya tujuan dan konsep, blog tersebut akan bisa dikelola dengan baik.

Konten Blog

Pada prinsipnya, konten berperan penting dalam blog. Di sinilah Anda harus selalu bisa menyediakan konten-konten informatif yang betul-betul dibutuhkan oleh para pembaca. Tidak jarang bahwa sebuah blog dengan tampilan biasa saja ternyata mampu menarik minat dan trafik tinggi pembaca. Alasannya karena isi yang betul-betul menarik dan bermanfaat bagi para pengunjung. Jangan pernah menjiplak atau mencuri konten dari situs lain. Jika terpaksa mengutip atau menyalin sebuah konten, selalu cantumkan alamat atau sumber asalnya. Hal itu merupakan konsep dasar dari aktivitas blogging.

Desain Blog

Persoalan desain merupakan salah satu hambatan dari cara membuat blog keren. Padahal Anda sebetulnya tak perlu bingung dengan desain blog. Kini, kita bisa mengubah dan memodifikasi tampilan sebuah blog secara mudah berdasarkan beberapa panduan. Malahan, beberapa tampilan standar dari tema sebuah blog biasanya sudah didesain dengan gaya-gaya keren. Mungkin Anda bisa menambahkan desain tambahan seperti logo atau banner di halaman utama. Tapi pastikan bahwa Anda memang membuatnya sendiri atau meminta bantuan dari orang lain. Jangan sekali-kali mencomot desain orang lain tanpa seijin atau sepengatahuan mereka.

Promosikan Blog

Mempromosikan sebuah blog akan memperluas jaringan dan meningkatkan trafik. Anda bisa membagikan tautan blogAnda ke media-media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, Path, dan media-media chatting. Tapi pastikanlah bahwa konten blog Anda benar-benar relevan dengan lingkaran yang akan Anda bagikan. Jangan sampai menjadi sampah dan menggaggu aktivitas berjejaring dari orang-orang di lingkaran Anda. Terkadang orang mempromosikan dengan cara-cara menjengkelkan di jejaring sosial. Sehingga Anda harus menghindari hal tersebut dan menerapkan cara yang lebih kreatif.

Anda bisa memilih cara membuat blog wordpress atau cara membuat blog blogspot. Ada banyak blog yang bisa kita kelola secara gratis atau dengan membayar nama domain dan hosting. Pilihan kedua lebih meyakinkan karena Anda punya reputasi melalui blog berbayar dan menggunakan nama sendiri. Tapi sebelum membeli domain, pastikanlah bahwa isi blog Anda memang layak untuk dipublikasikan. Jangan sampai Anda rugi mengeluarkan biaya walaupun tak seberapa namun tidak bisa menyediakan konten-konten menarik.

Satu lagi yang sangat penting ialah konsistensi dalam menulis blog. Hal inilah yang paling sulit dan berat, apalagi jika Anda punya kesibukan padat. Paling baik adalah membuat blog Anda menjadi lebih sederhana dengan tidak menulis konten-konten panjang dan bermuatan berat. Pahamilah setiap aturan dalam blogging dan Anda bisa segera mengawali cara membuat blog yang benar dan tepat.

Jadikan Blog Anda Mesin Uang

Cara membuat blog yang menghasilkan uang wahhh…beneren tuh? Betul sekali Bisaaa… Jika anda sudah mempunyai blog yang bagus dan terutama banyak pengunjungnya, maka anda bisa mendaftarkan blog anda pada iklan Google Adsense. Nanti kamu akan mendapat pemasukan dollar dari Google loh… wuihhh keren bukannn… Tapi itu semua berawal dari bagaimana membangun blog yang bagus dan tentu saja bukan hanya membuat blog tapi menggunakan konsep yang jelas dan sesuai targetmu.
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index