Pemkab Minta Rekom DOB dari DPRD Disegerakan

Pemkab Minta Rekom DOB dari DPRD Disegerakan
ilustrasi

RIAUAKTUAL.COM - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi melalui Tim Kajian Daerah (TKD) pembentukan daerah otonom baru (DOB) enam kecamatan dari wilayah hilir Kabupaten Kuantan Singingi meminta agar rekomendasi dari DPRD Kuantan Singingi disegerakan untuk dipedomani pemerintah.

"Kalau bisa SK rekom dari DPRD itu segera, supaya bisa menjadi dasar dalam memperkuat rekomendasi bupati," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kuansing, Drs H Muharman MPd melalui Kabag Pemerintahan Umum, HM Refendi Zukman SSos MSi kepada wartawan, Selasa (10/5).

Sedangkan Tim Kajian Daerah (TKD) yang dibentuknya sudah memulai memproses usulan pembentukan Kabupatan Kuantan yang terdiri dari 6 kecamatan itu, masing-masing Logas Tanah Darat, Pangean, Kuantan Hilir, Kuantan Hilir Seberang, Inuman dan Cerenti.

Dan pihaknya sudah melakukan kunjungan ke Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), yang bakal melahirkan dua DOB, masing-masing Kabupaten Indragiri Utara dan Indragiri Selatan. Sehingga bisa dipedomani dalam memproses pembentukan Kabupaten Kuantan di Kabupaten Kuansing.

"Tim baru sudah pulang dari Inhil yang dipedomani adalah rencana pembentukan Kabupaten Indragiri Selatan dan Utara. Seperti apa SK rekomandasinya dan persyaratan lainnya. Itu yang kami pelajari," katanya.

Sebelumnya, Badan Pekerja Pembentukan Kabupaten Kuantan (BPPKK) mendesak agar tim yang mengkaji DOB ini bekerja serius, segera mempercepat proses, dan menyampaikan apabila ada kekurangan.

"Kami minta tim ini bekerja serius. Sampaikan mana yang kurang, dan kami akan melengkapinya, sehingga kami bisa melaporkan proses usulan ini kepada tokoh masyarakat dan seluruh elemen masyarakat di 6 kecamatan yang memang mau mekar," kata Ketua BPPKK, Musliadi SAg.

Sementara, Wakil Ketua BPPKK, Maspar Mahmur berharap, supaya usulan Kabupaten Kuantan ini diproses dengan serius oleh tim kajian daerah, dan diharapkan tuntas di masa kepemimpinan Bupati H Sukarmis. (AM)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index