Berikut Cara Berhemat Sesuai Dengan Pendapatan Kita

Berikut Cara Berhemat Sesuai Dengan Pendapatan Kita
ilustrasi

RIAUAKTUAL.COM - Anda memiliki perasaan yang mengganggu bahwa Anda harus menyisihkan sebagian uang Anda untuk keadaan darurat. Tetapi dengan keadaan ekonomi seperti sekarang ini, tampaknya Anda sudah habis-habisan. Bagaimana cara agar Anda dapat menabung saat perlu memberikan perhatian pada banyak kebutuhan hidup lainnya?

Saya berada dalam situasi seperti ini ketika saya memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga. Saya ragu bagaimana kami dapat bertahan dengan pendapatan tunggal. Menabung tampaknya bukanlah sebuah pilihan. Bagaimanapun, dengan beberapa kreatifitas, saya dapat menabung sedikit demi sedikit.

Satu hal yang saya temukan dari pengalaman saya adalah bahwa semua ini terkait dengan perilaku. Saya belajar untuk tidak beranggapan bahwa itu adalah kerugian melainkan sebagai pengendalian. Kenyataannya, saya mencoba-coba mulai menabung untuk melihat berapa banyak uang yang bisa saya tabung setiap bulannya.

Berikut ini adalah beberapa strategi menabung saya:

Bayarlah diri Anda terlebih dahulu

Masuk akal bahwa lebih mudah menabung jika kita memiliki banyak uang daripada ketika kita memiliki sedikit. Buatlah supaya gaji Anda ditransfer langsung ke tabungan Anda. Jadi sebagian uang yang Anda peroleh langsung masuk ke dalam tabungan Anda. Sisihkan sebagian sebelum Anda membayar tagihan-tagihan lainnya.

Bayarlah kartu kredit Anda

Sangatlah sulit untuk berpikir tentang menabung ketika Anda memiliki utang kartu kredit di hadapan Anda. Usahakanlah untuk membayar utang Anda terlebih dahulu. Ketika Anda sudah tidak memiliki utang, mulailah untuk menyalurkan jumlah yang Anda bayarkan untuk utang kartu kredit ke dalam tabungan Anda.

Menabung Rp 5000

Beberapa dari kita memiliki uang tunai di tangan untuk kebutuhan yang kecil-kecil. Ketika kasir memberikan Anda uang kembalian Rp 5000, ambil dan simpan di laci. Setelah beberapa bulan, ambil simpanan Anda dan masukan ke rekening tabungan. Anda akan tercengang betapa cepatnya tabungan Anda bertambah.

Toples koin

Ini sama dengan prinsip menabung Rp 5000. Setiap Anda pulang dari berbelanja, taruh semua koin kembalian ke dalam stoples. Ketika toples sudah penuh, hitunglah dan bawalah ke bank. Beberapa bank menyediakan mesin penghitung koin.

Harta warisan

Mungkin sepeninggal orang tua Anda, Anda memperoleh harta warisan. Anda dapat menggunakan uang tersebut untuk pergi jalan-jalan ke luar negeri. Jangan terburu-buru. Saya yakin Anda layak untuk berlibur, namun uang tersebut akan lebih bermanfaat jika Anda menaruh semua atau sebagian besarnya ke dalam rekening tabungan Anda. Mungkin akan ada godaan untuk berfoya-foya, namun Anda akan lebih cepat mencapai harapan Anda jika Anda menaruh uang lebih ke dalam tabungan Anda.

Gunakan sistem anggaran amlpop

Sistem amplop merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk memulai anggaran. Anda cukup mengambil seluruh pendapatan Anda untuk bulan yang dimaksud dan membagi-baginya ke dalam berbagai kategori seperti makanan, bahan bakar, hiburan, dan pakaian. Lalu masukkan ke dalam amplop yang ditentukan masing-masing. Saat uang yang di dalam amplop tersebut habis, Anda tidak boleh membelanjakan lebih banyak lagi untuk kategori tersebut selama bulan itu.

Tetapi kalau Anda hemat, uang Anda mungkin akan tersisa. Daripada berfoya-foya pada akhir bulan atau menggulirkan jumlah yang sama untuk bulan depan, pertimbangkan untuk menaruh sisa uang tersebut ke dalam tabungan Anda.

Inilah beberapa gagasan untuk memastikan agar uang Anda tersisa. Sebisa mungkin manfaatkan tawaran atau kupon potongan harga.Carilah barang-barang yang sedang didiskon. Bawalah makanan dari rumah daripada jajan di luar.

Adakan makan malam hemat sekali seminggu. Lewatkan makan malam dan tontonan yang mahal dan cobalah hiburan gratis. Bersepeda, menyewa film untuk ditonton di rumah, pergi ke taman, jalan-jalan atau mendaki gunung, mengunjungi museum gratis, atau menonton konser gratis di lapangan. Jadilah kreatif.

Habiskanlah makanan yang tersedia di rumah Anda. Apakah Anda berpikir Anda terlalu sibuk. Cobalah untuk memasak makanan Anda sebelumnya dan masukkan ke dalam kulkas lalu panaskan saat hendak dimakan untuk mempermudah pekerjaan Anda.

Anda mungkin tergoda untuk mulai menabung sampai Anda memperoleh pendapatan yang lebih baik. Jangan menunggu! Mulai dari yang kecil dan jadikan kebiasaan sekarang. Anda akan terkejut seberapa cepat koin-koin itu menambah tabungan Anda.

Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “How to save money on any income” karya Shelli Proffitt Howells.
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index