Panitia Peringatan May Day 2016 Dibentuk

Panitia Peringatan May Day 2016 Dibentuk
ilustrasi

DUMAI (RA) - Di berbagai daerah peringatan hari buruh sedunia atau May Day kerap diwarnai aksi demonstrasi, namun di Kota Dumai tak demikian. Dalam peringatan May Day tahun 2016, di Kota Dumai akan digelar berbagai kegiatan-kegiatan positif seperti jalan santai, permainan masyarakat, pertandingan cabang olahraga, dan seminar tentang ketenagakerjaan.

"Peringatan May Day tahun ini akan kita isi berbagai kegiatan positif, seperti melaksanakan seminar tentang ketenaga kerjaan dan berbagai kegiatan olahraga," terang Ketua Panitia May Day Kota Dumai H Armidy SSos disela-sela rapat pembentukan panitia di aula kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jalan Kesehatan Dumai, Selasa (12/4).
 
Pantauan di lapangan, Pemerintah Kota (Pemko) Dumai melalui Disnakertrans sudah melakukan pembentukan panitia May Day. Pengurus Serikat Pekerja dan Serikat Buruh (SP/SB) dan perusahaan hadir dalam rapat yang dipimpin Sekretaris Disnakertrans Kota Dumai, MT Parulian Siregar SE.

Dalam rapat tersebut disepakati bahwa ketua  peringatan May Day tahun 2016 dipercayakan kepada H. Armidy S.Sos dari SPSI,  Sekretaris Sudarmanto SE dari Kamiparho/SBSI dan Bendahara Afrianto Kurniawan SH.

"Tiga orang yang terpilih ini baru pengurus inti, Kamis (14/4) mendatang akan digelar rapat lanjutan untuk mengisi seksi-seksi dan kelengkapan lainnya," jelas Sekretaris Disnakertrans Kota Dumai MT Parulian Siregar
 
Menurut Parulian, kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka peringatan May Day tahun 2016 di Dumai nanti meliputi Seminar dan Orasi. Namun dalam rapat lanjutan nanti bias saja berkembang untuk kegiatan positif lainnya. "Menyangkut kegiatan bisa saja berkembang dalam rapat selanjutnya," tuturnya.

Terkait untuk kegiatan Seminar, Kabid Pengawasan dan Syarat Kerja Disnakertrans Kota Dumai, Muhammad Fadhly SH menambahkan, bahwa kegiatan Seminar Ketenagakerjaan akan dilaksanakan oleh pihak Disnakertrans dan itu sudah menjadi tanggungjawab Disnakertrans Kota Dumai.

"Hari Buruh Sedunia yang jatuh pada 1 Mei 2016, puncak peringatannya belum dapat ditetapkan. Begitu juga lokasi pelaksanaan seminar juga belum final, hal ini akan dibicarakan kembali dalam rapat lanjutan," jelasnya.
 
Sesuai catatan, pada tahun-tahun sebelumnya dalam peringatan May day partisipasi pengusaha dalam memberikan dukungan dan bantuan moril serta materil cukup tinggi demi suksesnya kegiatan.

Hal ini terjadi karena jalinan hubungan yang baik serta  harmonis antara buruh dan perusahaan. Tanpa buruh, perusahaan tak ada apa-apanya. Begitu juga sebaliknya, tanpa perusahaan buruh tak dapat bekerja.

Laporan : REL
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index