Disdik Diminta Keluarkan Edaran Penerapan Sistem Rayon

Disdik Diminta Keluarkan Edaran Penerapan Sistem Rayon
ilustrasi

PANGKALANKERINCI (RA) - Sejumlah Kepala Sekolah di Pelalawan meminta Dinas Pendidikan mengeluarkan edaran system rayon dalam Penerimaan Siswa Baru (PSB) tahun 2016 ini. Surat edaran ini akan menjadi landasan bagi sekolah dalam menerima murid baru nantinya.

Demikian disampaikan Sekretaris Majelis Kegiatan Kepala Sekolah (MKKS) rayon II,  Muzahar kepada wartawan, Kamis (7/4). Menurutnya,Kepala Sekolah banyak yang setuju soal penerimaan sistem rayon perkecamatan dalam PSB tahun ajaran 2016 - 2017 mendatang.

"Kepala Sekolah berharap banyak dengan sistem rayon Kecamatan untuk PSB dan siswa berprestasi baik akademis maupun non akademis bisa mencari sekolah yang baik. Intinyakan siswa bersekolah dekt dengan tempat Tinggal dimaana siswa berdomisili," ucapnya.

Dengan penerapan sistem rayon perkecamatan, peluang sekolah untuk mengisi rombongan belajar (rombel) akan terpenuhi.

“Sekarang permasalahannya mungkin bisa jadi sekolah - sekolah favorit di Kota Pangkalan Kerinci. Jika terjadi penumpukan siswa hingga melebihi kapasitas standart Nasional dimana untuk SD kisaran 25 sampai 28 perkelas, untuk SMP dan SMA  32 siswa perkelas saja  tidak terlaksana.Bayangkan Kalau 1 kelas siswa mencapai 40 Lebih siswa apakah ini bisa dikatakan efektif dan efisien. Sembari disetiap Kecamatan kedepan tentunya dibuat sekolah - sekolah faavorit dan unggul sehingga pemerataan siswa dapat terlaksana," ungkap Muzahar yang juga Kepala Sekolah SMPN 4 Pangkalan Kuras ini.

Dengan sistem rayon ini juga dapat menampung sekolah - sekolah yang Selama ini bisa Dikatakan sepi dari siswa yang berada di Kecamatan.

"Jadi sebenarnya tidak ada alasan penerapan sistem rayon akan bermasalah terutama soal siswa - siswa yang berada didaerah perbatasan yang dipermasalahkan dengan jarak tempuh .Disetiap Desa kan ada sekolah,tentuk tidak ada keharusan harus sekolah di Ibukota Kecamatan sendiri. Seperti siswa di Kemang jarak tempuh dekat di Pangkalan Kerinci dari pada di Sorek.Tapi dikemang Kan juga ada sekolah," ucapnya.

Jelas Muzahar lagi, komitmen untuk menerapkan sistem rayon perkecamatan untuk PSB ini dapat berjalan dengan baik. " Kepala sekolah juga Minta pegangan, jadi jika ada wlai murid yang komplain bisa dijawab dengan surat edaran atau peraturan yang disampaikan Disdik," tutupnya.

Laporan : JYP
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index