Baznaz Salurkan Zakat Kepada Fakir Miskin

Baznaz Salurkan Zakat Kepada Fakir Miskin
ilustrasi

DUMAI (RA) - Kementrian Agama Kota Dumai melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Dumai menyelenggarakan Program Penyaluran Zakat Produktif Tahap 1 tahun 2016 kepada masyarakat Kota Dumai yang kurang mampu , dimana penyaluran zakat produktif itu di adakan di Masjid Habiburrahman pada Rabu (30/3).

Penyaluran Zakat Produktif ini merupakan agenda tahunan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Dumai. Setelah melaksanakan survei di lapangan dan melakukan verifikasi data, terhitung sebanyak 300 Mustahiq (kurang mampu) di Kota Dumai yang ingin mengajukan permintaan bantuan kepada Baznaz Kota Dumai. Namun, setelah melakukan verifikasi data kembali, yang lolos untuk mendapatkan bantuan hanya sekitar 45 orang.

Pengurus Baznaz Kota Dumai, Abu Rasyid Rido kepada wartawan menjelaskan, ada 45 orang di Kota Dumai yang berhak menerima bantuan zakat produktif bagi fakir miskin.

"Karena dilihat dari kondisi kehidupannya, yang benar-benar kurang mampu, jumlahnya hanya segitu. Baznaz berhak memilih sesuai dengan kenyataan," kata Rasyid.

Dikatakan, Badan Amil Zakat adalah tempat untuk penyampaian amanah dari mereka yang memberikan bantuan. Tidak sama dengan UEK atau Koperasi, sebab Baznaz bukan tempat peminjaman. "Kepada mereka yang tidak lolos dalam penerimaan bantuan amil zakat, kita harap pengertiannya," tegas Abu Rasyid.

Dia juga mengharapkan kepada 45 orang penerima bantuan amil zakat ini untuk dapat memanfaatkan dan mempergunakan bantuan yang diberikan dengan baik dan benar, serta tetap berusaha berjuang di jalan Allah. "Saya berharap mereka dapat memanfaatkan bantuan dari kami ini sebaik mungkin," pintanya.

Dalam kesempatan itu dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis kepada 45 orang penerima amil zakat yang diserahkan langsung oleh perwakilan Kemenag Dumai, Baznas Dumai, dan tokoh Agama.

Laporan : AYU

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index