Pesta Budaya Festival Siak Bermadah Kembali Digelar, Berikut Jadwalnya

mr
Senin, 30 September 2024 | 05:46:03 WIB
Pesta Budaya Festival Siak Bermadah

Riauaktual.com - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Siak ke-25, Dinas Pariwisata Kabupaten Siak akan menggelar Festival Siak Bermadah (FSB) 2024 pada 9-12 Oktober mendatang. Festival ini menjadi representasi kebudayaan masyarakat Siak, yang dulunya merupakan pusat Kerajaan Melayu terbesar di pesisir Sumatera.

Kepala Dinas Pariwisata Siak, Tekad Perbatas Setia Dewa, mengungkapkan bahwa Festival Siak Bermadah kali ini merupakan edisi ke-27 sejak pertama kali digelar pada tahun 1991.

"Insyaallah, mulai 9 sampai 12 Oktober nanti, kita akan menggelar Festival Siak Bermadah yang ke-27," ujarnya di Siak pada Minggu (29/9/2024).

Festival ini telah mengalami banyak perkembangan dari segi konsep dan pengemasan acara, dan pada tahun 2023, FSB dinilai layak masuk dalam Kalender Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Festival Siak Bermadah tahun 2024 ini juga masuk dalam Kalender Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf bersama dengan 5 event lainnya di Riau," jelas Tekad.

Menurut Tekad, masuknya FSB dalam KEN membawa kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Siak, karena festival ini dipromosikan secara nasional melalui berbagai platform dan media kerjasama dengan Kemenparekraf.

"Tujuan utama dari FSB selain mempromosikan, juga melestarikan warisan budaya daerah serta memperkenalkan kepada masyarakat luas. Kami berharap festival ini mendapatkan sambutan meriah dari warga Siak," tambahnya.

Rangkaian acara Festival Siak Bermadah akan dimulai dengan pembukaan Bazar Ekonomi Kreatif (Ekraf), pertunjukan mini stage, street food khas Melayu, permainan tradisional masyarakat Melayu, heritage tour, dan kegiatan susur sungai di siang hari.

Tekad juga mengungkapkan bahwa pada malam pembukaan, panitia akan mengundang kelompok kesenian dari luar daerah untuk turut serta memeriahkan Festival Siak Bermadah 2024.

"Kami ingin mengajak masyarakat untuk hadir dan meramaikan Festival Siak Bermadah. Tahun ini akan lebih spesial dan meriah karena bertepatan dengan HUT Kabupaten Siak ke-25 atau HUT Perak (Siak Silver Anniversary)," pungkasnya.

 

Tags

Terkini

Terpopuler