Mulai Tahun Depan, Jalan Lingkungan di Pekanbaru Terancam Tanpa Penerangan

Jumat, 05 Agustus 2022 | 15:11:03 WIB
Ilustrasi (Lampu Jalan Mati)

Riauaktual.com - Tahun depan sejumlah jalan lingkungan dalam Kota Pekanbaru terancam gelap gulita karena minimnya lampu penerangan jalan umum (PJU).

Prediksi tersebut disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, Yuliarso. Menurutnya, saat ini banyak lampu penerangan jalan di lingkungan yang sudah redup bahkan sudah putus.

Pada tahun 2020 lalu dikatakan Yuliarso, lampu PJU yang ada di jalan lingkungan sudah diganti dengan lampu hemat energi dengan daya dibawah 100 Watt.

Hanya saja masing-masing lampu tersebut memiliki life time atau masa hidupnya. Karena tahun ini sudah memasuki tahun ke dua, ada diantaranya yang sudah mulai berkurang cahayanya.

"Sebenarnya sekarang sudah ada satu-satu juga yang putus, tapi tahun depan kita perkirakan jumlahnya akan lebih banyak lagi," terang Yuliarso, Jumat (8/7/2022).

Ia mengungkapkan, solusi masalah ini adalah dengan melakukan peremajaan. Hanya saja saat ini Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru memiliki banyak kendala.

"Selain terbatasnya personel, yang lebih krusial lagi kami juga memiliki keterbatasan anggaran. Karena itu untuk laporan atau pengaduan lampu penerangan jalan yang putus, kami akan sedikit slow respon," jelasnya.

Yuliarso juga berharap masyarakat bisa memaklumi kendala yang dihadapi oleh pihaknya. Namun ke depan untuk mengatasi permasalahan ini, pihaknya akan membuat Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha atau (KPBU). 

Sementara itu, ada sekitar 31.000 lebih titik lampu jalan lingkungan yang ada di Kota Pekanbaru. Namun sekitar 20.000 diantaranya sudah diganti oleh Dishub mulai tahun 2020 lalu.

Terkini

Terpopuler