Dewan Minta Pemko Pekanbaru Pastikan Hewan Kurban yang Diperdagangkan Bebas dari Penyakit

Dewan Minta Pemko Pekanbaru Pastikan Hewan Kurban yang Diperdagangkan Bebas dari Penyakit
ilustrasi

Riauaktual.com - Anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru H Fatullah meminta Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, dalam hal ini Dinas Pertanian Peternakan Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (DP3K) memeriksa seluruh hewan kurban yang diperdagangkan di Pekanbaru untuk kebutuhan lebaran Idul Adha.

Hal itu dilakukan untuk menjamin bahwa ternak yang dipotong dipastikan bebas dari penyakit, sehat dan dagingnya layak dikonsumsi.

"Semua hewan kurban baik kambing maupun sapi harus melalui pemeriksaan terlebih dahulu. Jangan sampai hewan yang beredar tidak sehat. Terlebih saat ini pedagang hewan dihantui virus jembrana yang menyerang ternak," ujar Fatullah, Senin (07/08/2017).

Selain itu, pemerintah juga harus mengawasi lokasi penjual hewan kurban dan memastikan estetikanya. Jangan sampai mendapat protes dari warga sekitar karena dianggap mengganggu.

"Makanya harus ada komunikasi. Selain itu kalau sudah diperiksa oleh instansi terkait, selanjutnya diberi tanda sehat atau tanda telah diperiksa kesehatannya," tuturnya.

Disinggung terkait naiknya harga hewan kurban menjelang lebaran ini, Politisi Gerindra yang juga memiliki peternakan hewan tersebut sangat memaklumi, karena merupakan hukum pasar dan perdagangan.

"Biasa untuk lebaran memang ada kenaikan tapi tidak siknifikan. Itu lebih kepada ongkos angkut dan biaya perawatan selama hewan tersebut dipesan dan dititipkan, jadi ada biaaya perawatan," jelasnya. (Dwi)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index