Bupati Rokan Hulu Blak-blakan Bicara, Gubri Geleng-geleng Kepala

Bupati Rokan Hulu Blak-blakan Bicara, Gubri Geleng-geleng Kepala
Gubri H Arsyadjuliandi Rachman didampingi Bupati Rohul Suparman meninjau jembatan usai meresmikan pemakaian Jembatan Darussalam Koto Lama Kab Rohul

Riauaktual.com - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman hanya bisa geleng-geleng kepala melihat dan mendengar langsung Bupati Rokan Hulu Suparman blak-blakan di hadapannya disaksikan orang banyak.

Selain meminta kontribusi pembangunan yang lebih besar lagi dibanding tahun-tahun sebelumnya. Suparman juga mengungkit bagaimana kontribusi besarnya memenangkan Pemilihan Gubernur Riau lalu saat Andi Rachman (sapaan akrab Gubri) berpasangan dengan Annas Maamun.

Menurut Suparman, dana bantuan keuangan melalui berbagai pembangunan infrastruktur di Rohul sebesar Rp460 miliar yang dianggarkan tahun lalu, harus lebih besar lagi tahun ini.

Hal itu kata mantan Ketua DPRD Riau ini bukan tanpa alasan. Mengingat banyaknya kebutuhan anggaran yang dibutuhkan di negeri Seribu Suluk ini.

"Rp460 miliar lebih dana provinsi untuk Rohul adalah terbesar dari daerah lain. Kami sangat mengapresiasi kepada Gubernur yang telah memberikan perhatian lebih kepada Rohul. Tapi tahun ini kalau sama, saya minta jangan pilih Andi rachman pada Pilgubri nanti," canda Suparman sambil tersenyum, yang diikuti tawa pada undangan yang hadir pada acara syukuran masyarakat Kunto Darussalam dilantiknya Suparman-Sukiman sebagai Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu, Rabu (25/7/17) kemarin.

Suparman memaparkan berbagai kebutuhan anggaran pembangunan yang dibutuhkan, mulai dari infrastruktur jalan dan jembatan yang jika hanya mengandalkan APBD Rohul yang sangat terbatas.

Kemudian Rohul yang memiliki lima kerajaan, namun secara fisik tidak ada lagi seperti halnya peninggalan Istana Siak yang sudah menjadi ikon pariwisata Riau. Diantaranya Kerjaan Rambah, Kerajaan Kunto.

Saat ini, masyarakat Rohul hanya bisa mendengarkan dari cerita sejarah saja. Namun untuk mengangkat kembali kerajaan yang dulu pernah ada di Rohul ini, harus dibuatkan secara fisik istana kerajaan.

"Kalau di Siak cuma ada satu Kerjaan, tapi di Rohul ada lima. Cuma sayangnya istana kerajaan ini sudah tidak ada lagi. Kami minta istana lima kerajaan ini agar bisa dibangunkan Gubernur," ujar Suparman.

Selain itu, Suparman juga menyinggung soal dinamika politik di Rohul yang saat ini masih dirasakan, meski dirinya sudah lama dilantik sebagai Bupati bersama Sukiman. Karena itu, Suparman meminta agar semuanya saat ini melupakan semua perbedaan untuk membangun Rohul yang lebih maju.

Sementara Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman saat menanggapi pernyataan Suparman tidak mengatakan siap mengakomodir jika memang hal itu disuarakan masyarakat Rohul juga.

Hanya soal berapa bilangan jumlah, apakah melebihi dari angka bantuan Pemprov sebelumnya, Andi tak bisa merincikan. "Pokoknya apa yang disampaikan suparman kita setuju aja. Jadi tak ada lagi yang perlu di persoalan. Nanti disampaikan cemburu pula daerah lain," ungkap Andi. (yai)

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index