Komisi D Desak Pemprov Buka RTH Senapelan

Komisi D Desak Pemprov Buka RTH Senapelan
yusuf sikumbang

Riauaktual.com - Komisi D DPRD Riau mendesak Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan untuk segera membuka Ruang Terbuka Hijau (RTH) Tunjuk Ajar Integritas yang berada di depan Pasar Bawah Pekanbaru kawasan Senapelan. Pasalnya, RTH yang dibangun Pemprov Riau tersebut sudah selesai akhir tahun lalu.

''Tidak ada alasan Pemprov Riau tetap menutup RTH Tunjuk Ajar Integritas tersebut dengan pagar seng. Soalnya, taman dan RTH itu kan sudah diserah terimakan, bahkan sudah dibuka secara resmi sebelumnya. Sekarang malah ditutup lagi saat di sidak  tetapi  sekitar dua bulan lalu juga sudah kita ingatkan, kalau ada yang rusak segera diperbaiki," ungkap Anggota Komisi D DPRD Riau M.Yusuf Sikumbang kepada wartawan, Selasa.

Politisi PKB ini menyebutkan, jika alasan pemprov penutupan RTH dilakukan dengan alasan kuatir akan dirusak, harusnya pihak terkait dalam rencana pembangunannya menggunakan pagar. "Kalau memang itu alasannya, berarti rencana pembangunan RTH tersebut kurang matang," ujar Yusuf.

Senada disampaikan Sekretaris Komisi D Asri Auzar. Politisi Demokrat ini juga menyarankan agar RTH tersebut dilakukan penjagaan yang maksimal, dan kalau perlu bekerjasama dengan pihak Satpol PP, sehingga taman tersebut tidak diganggu dan terjaga keamanannya.

"Ketika sidak kita sudah meminta dinas terkait memperbaiki temuan di taman yang sudah rusak karena proyek baru di kerjakan tahun 2016," terang Asri.

Sebelumnya, Komisi D yang membidangi infrastruktur ini pernah melakukan sidak ke RTH Tunjuk Ajar Integritas tersebut anggaran hingga Rp 9 miliar tersebut, Komisi D memang cukup banyak menemukan kekurangan.

Komisi D menemukan rumput liar yang tumbuh tinggi, ironisnya rumput gajah putih yang ditanam malah lenyap. Bahkan wakil rakyat geleng-geleng kepala melihat kondisi taman tersebut. Apalagi, beberapa permainan anak yang disediakan di sana sebagian juga tampak hancur. "Tanaman yang di taman di area tersebut juga tampak banyak yang mati dan terkesan tidak tertata dengan baik termasuk toilet juga tidak bisa difungsikan," jelasnya. (rud)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index