Galian Kabel CO Dinilai Merusak Infrastruktur

Galian Kabel CO Dinilai Merusak Infrastruktur
Roni Amril

PEKANBARU (RA) - Anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Roni Amriel mengatakan, saat ini pihaknya tengah menjadwalkan pemanggilan terhadap Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Tata Kota Pekanbaru dan provider karena penggalian kabel Cyber Optik yang dilakukan di sepanjang ruas jalan yang ada di Kota Pekanbaru menuai dampak yang tidak baik bagi kondisi jalan dan arus lalu lintas.

"Coba saja lihat, jalan itu sudah mulai rusak karena galian kabel CO itu. Kita juga bingung kenapa penggalian kabel CO dilakukan setiap tahun, apa kontribusinya terhadap Pemko Pekanbaru kok izinnya dikeluarkan, padahal dampaknya juga lumayan mengkhawatirkan. Kalau setiap tahun di pinggir jalan itu dilakukan penggalian, apa tidak rusak jalan kita lama-lama nantinya," ungkap Roni Amriel ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya Kantor DPRD Kota Pekanbaru, Senin (27/8).

Disebutkannya, di setiap jalan yang ada di Kota Pekanbaru memang telah dilakukan penggalian kabel CO tersebut. Tak jarang menimbulkan kemacetan dan yang paling parah lagi, jika tepi jalan tersebut setiap saat digali, maka akan merusak jalan. Dalam hal tersebut, Dinas Tata Kota sebagai regulasi dan Dinas Pekerjaan Umum akan dipertanyakan dalam sebuah rapat kerja antara Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru dan menghadirkan juga provider kabel Cyber Optik tersebut.

"Sekarang ini kita masih menjadwalkan kapan dilakukan pemanggilan ini, karena kita ingin tahu juga apa kontribusi penggalian Kabel Cyber Optik ini untuk Pemko Pekanbaru. Sebab, dengan adanya penggalian ini, masyarakat yang menjadi pengguna jalan merasa haknya terganggu, apalagi pejalan kaki," paparnya.

Ditambahkan politisi Partai Golkar tersebut, seharusnya Pemerintah Kota Pekanbaru memikirkan untuk membangun sebuah pipa khusus untuk kabel CO tersebut, sehingga apabila ada masuk provider baru di Kota Pekanbaru tidak lagi mengganggu pengguna jalan dan merusak pinggir jalan dengan galian yang dilakukan selama ini.

"Kalau ada pipa khusus, galiannya hanya dilakukan satu kali saja, tentu ini akan mempermudah jika memang ada lagi provider yang ingin memasang kabel cyber optik ini, tak perlu menggali dan merusak pingir jalan seperti yang saat ini kita lihat," pungkasnya. (RA1)

Berita Lainnya

index