Berikut Tips Aman Memandikan Bayi Baru Lahir

Berikut Tips Aman Memandikan Bayi Baru Lahir
Tips memandikan bayi baru lahir. (Foto: Freepik.com)

Riauaktual.com - Bayi yang baru lahir tentu membutuhkan perhatian ekstra. Salah satunya soal menjaga kesehatan dan kelembaban kulit mereka yang masih rentan dan sensitif. Dalam hal ini, memandikan bayi yang baru lahir pun perlu menjadi perhatian orang.

Tak bisa asal-asalan, memandikan bayi membutuhkan ketelitian agar kulitnya tetap sehat terjaga. Dokter Spesialis Anak, dr. Attila Dewanti Poerboyo Sp.A(K) mengatakan ada beberapa tips yang bisa dilakukan orangtua sebelum memandikan si kecil yang baru lahir. Seperti apa tipsnya? Yuk disimak.

1. Pastikan Bayi Keadaan Sehat

Sebelum memandikan bayi newborn atau yang baru lahir, pastikan dulu buah hati dalam kondisi sehat. dr. Attila mengatakan salah satu gejala dalam kondisi mengkhawatirkan saat bayi jarang menangis dan lebih sering tidur.

Kondisi ini bisa menjadi indikasi penyakit kuning. Bila kondisi bayi demikian, maka sebaiknya si kecil tidak dimandikan dan segera periksakan ke dokter anak.

“Kalau bayi tidur saja mungkin dia masuk dalam tahap kuning dan biasanya terjadi di usia tujuh hari. Nah itu tidak boleh dimandikan,” kata dr. Attila, saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat 19 Juli 2024.

2. Gunakan Air dengan Suhu Ruangan

Memastikan suhu air sebelum memandikan si kecil juga perlu diperhatikan. dr. Attila mengatakan bayi baru lahir sebaiknya dimandikan dengan suhu ruang alias tidak terlalu panas dan dingin. Memandikan bayi cukup sebentar untuk menjaga kelembaban kulit mereka.

“Mandi dicelupkan sebentar. Nah air juga penting. Gak boleh panas dan dingin jadi suhu ruangan. Kalau terlalu panas, kulitnya bisa kering karena kan kulit bayi tipis. Begitu juga kalau terlalu dingin, nanti dia merah-merah juga,” katanya.

3. Pilih Handuk Berbahan Katun

Selanjutnya pastikan Anda menggunakan handuk berbahan katun. Banyak jenis handuk dengan bahan campuran polyester atau tidak 100 persen katun. Hal ini juga bisa berdampak buruk pada kulit bayi yang masih sangat sensitif.

“Pilih handuk yang 100 persen katun karena dia menyerap banget. Karena kalau pakai bahan lain tidak terlalu menyerap air dan bisa bikin kemerahan pada kulit bayi,” kata dr. Attila.

4. Gunakan Produk Non-fragrance

Satu lagi tips dalam memandikan bayi ialah menggunakan produk non-fragrance atau tanpa pewangi. Dokter Attila menjelaskan produk dengan kandungan parfum atau pewangi cenderung ber-PH tinggi dan tak baik untuk kulit bayi. Hal ini bisa menyebabkan kulit bayi kering, hingga terjasi iritasi.

“Pilihlah produk yang sudah teruji dermatologi. Gak usah yang terlalu wangi karena produk yang terlalu wangi bisa meningkatkan PH dan bikin kulit kering,” katanya.

 

 

Sumber: Okezone.com

#Kesehatan

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index