Program Bergulir untuk Ketahanan Pangan, Pemdes Pulau Sipan Serahkan Sapi kepada Petani

Program Bergulir untuk Ketahanan Pangan, Pemdes Pulau Sipan Serahkan Sapi kepada Petani
Ilustrasi

Riauaktual.com - Dengan menerapkan sistem bergulir pada program memperkuat ketahanan pangan di wilayahnya, Pemerintah Desa (Pemdes) Pulau Sipan, Kecamatan Inuman, Kabupaten Kuantan Singingi, menyerahkan hewan sapi kepada petani ternak untuk pengembangbiakan.

Aprisal, Kepala Desa Pulau Sipan, menjelaskan bahwa pengadaan induk sapi dewasa ini adalah bagian dari penguatan program ketahanan pangan yang didanai oleh anggaran Dana Desa (DD) tahun 2024 secara bertahap.

Pada tahap pertama, Pemdes Pulau Sipan telah menyerahkan 5 ekor sapi kepada 5 orang petani ternak pada akhir Juni lalu. "Pada pencairan tahap kedua nanti, akan diserahkan lagi sebanyak 5 ekor sapi," kata Aprisal pada Selasa, 16 Juli 2024, malam.

Sebagaimana hasil musyawarah bersama, pengembangbiakan ternak sapi ini dilakukan secara bergulir.

Apabila sapi sudah berkembang biak, pengelola wajib mengembalikan bibitnya yang kemudian akan diserahkan kepada petani lain, sedangkan induknya akan menjadi hak milik.

"Mudah-mudahan dengan penyediaan ternak sapi ini dapat memberikan manfaat bagi warga, selain bisa memenuhi kebutuhan daging sapi di wilayah kami, juga diharapkan dapat menambah penghasilan keluarga mereka," kata kepala desa.

#Kuansing

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index