Stroke Hemoragik, Penyebab Utama Meninggalnya Konten Kreator Asal Filipina Usai Mukbang

Stroke Hemoragik, Penyebab Utama Meninggalnya Konten Kreator Asal Filipina Usai Mukbang
Mengenal stroke hemoragik. (Foto: Freepik.com)

Riauaktual.com - Belum lama ini viral kematian tragis seorang konten kreator asal Filipina, Dongz Apatan. Dia dikabarkan meninggal sehari setelah mukbang melahap sepiring besar ayam goreng dan nasi.

Menurut Ahli jantung, Tony Leachon, kematian Dongz disebabkan oleh stroke hemoragik. Kreator yang tutup usia di 38 tahun itu disebut mengalami pembekuan darah di otak. Tim medis juga menyebut, bahwa kematian Dongz dipicu oleh kebiasannya mukbang daging dan makanan-makanan dengan kandungan garam tinggi.

“Menurut dokter yang merawatnya di IGD, dia mengalami pembekuan darah di otak. Artinya, tekanan darahnya meningkat dan pembuluh darah di otaknya pecah. Itu karena makanan asin dan konsumsi daging. Jika Anda melakukannya setiap hari, pembuluh darah di otak Anda akan tersumbat,” tutur Tony, melansir dari laman Asia One, Senin (8/7/2024).

Lantas, apa itu stroke hemoragik? Dan apa hubungannya dengan kebiasaan mengonsumsi makan-makanan tinggi garam? Berikut ulasannya, mengutip dari berbagai sumber.

Stroke hemoragik adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh pecahnya salah satu pembuluh darah di dalam otak yang menyebabkan perdarahan. Akibatnya, aliran darah pada sebagian otak berkurang atau terhenti, yang kemudian menyebabkan kurangnya pasokan oksigen ke otak.

Kondisi ini akan memicu kematian sel otak dan dapat mengganggu fungsi otak secara permanen, bahkan kefatalan. Hipertensi bisa menjadi penyebab seseorang mengalami stroke hemoragik dengan tipe intraserebral.

Hal tersebut terjadi saat ginjalnya mengalami kelainan dan bermasalah. Bisa juga karena menggunakan obat tertentu atau memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi garam.

Stroke hemoragik juga bisa disebabkan oleh aneurisma, yaitu pembengkakan dinding arteri atau pelebaran karena dindingnya lemah dan mengalami penipisan. Biasanya terjadi ketika lahir atau berkembang sepanjang berjalannya waktu. Beberapa orang menderita aneurismaakibat riwayat hipertensi yang tidak terkontrol.


 

#Kesehatan

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index