Tewaskan 1 Orang, Virus West Nile Sudah Menyebar di India

Tewaskan 1 Orang, Virus West Nile Sudah Menyebar di India
Virus west nile sudah menyebar di India. (Foto: Freepik.com)

Riauaktual.com - Pemerintah Kerala, India, melaporkan virus West Nile yang mewabah di Israel ditemukan di tiga distrik wilayah tersebut, yaitu di Thrissur, Malappuram, dan Kozhikode.

Dalam laporan yang sama dijelaskan bahwa satu orang dinyatakan meninggal dunia akibat infeksi virus West Nile, dan enam orang lainnya dinyatakan positif West Nile. Menteri Kesehatan Kerala, Veena George, meminta daerah-daerah tersebut untuk tetap waspada dan memerintahkan diambilnya langkah-langkah untuk pengendalian nyamuk.

Ya, virus West Nile disebarkan melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi. Badan Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa tidak ada kasus penyebaran virus West Nile dari manusia ke manusia hingga sekarang.

"Tidak perlu khawatir dengan virus ini, tapi kepada semua orang yang menunjukkan gejala infeksi West Nile diminta untuk segera mencari pengobatan," kata Veena dikutip dari Indian Express, Jumat (5/7/2024).

Gejala khas dari infeksi virus West Nile antara lain:

1. Demam

2. Sakit kepala

3. Lemas

4. Nyeri sendi dan otot

5. Konjungtivitis atau mata merah

6. ruam

7. Terkadang mual dan diare

Masa inkubasi virus biasanya tujuh sampai 14 hari, dan pada kasus luar biasa, inkubasi bisa terjadi lebih cepat yaitu 3 sampai 21 hari. Pasien penyakit kronis yang menekan sistem kekebalan tubuh, pasien kanker dengan sistem kekebalan tubuh buruk, bayi, dan orang lanjut usia adalah kelompok rentan mengalami kondisi fatal jika terinfeksi virus West Nile.

#Kesehatan

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index