Apa Benar Rambut Panjang Lebih Mudah Rontok? Berikut Faktanya!

Apa Benar Rambut Panjang Lebih Mudah Rontok? Berikut Faktanya!
Rambut panjang lebih mudah rontok? (Foto: Freepik.com)

Riauaktual.com - Sebagian besar perempuan memiluh untuk memiliki rambut panjang agar terlihat lebih anggun dan elegan. Namun, ada satu masalah yang sulit dihindari ketika rambut sudah panjang, yaitu kerontokan.

Apalagi, banyak yang mempercayai stigma bahwa semakin panjang rambut, maka kerontokannya akan semakin parah. Hal ini lantas membuat sebagian wanita jadi enggan memanjangkan rambut. Lantas, benarkah stigma tersebut? Atau hanya mitos belaka?

Dokter Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik di The Clinic Beautylosophy, dr. Nur Anindhawati mengatakan, parah atau tidaknya kerontokan sebenarnya bukan dipengaruhi oleh panjang pendeknya rambut. Bahkan, sejauh kni belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan hubungan antara panjang rambut dan kerontokan.

Jadi, belum tentu rambut yang semakin panjang jadi lebih mudah rontok. Namun, ada salah satu mengapa rambut panjang rentan mengalami kerontokan. Hal ini lantaran akar rambut memiliki lebih banyak energi karena adanya pertumbuhan rambut yang kian memanjang. Terlebih, bagi mereka yang memiliki rambut yang cenderung tebal dan tidak sehat.

“Jadi bukan karena panjang atau pendeknya. Rambut barang mati. Cuma dia untuk menumbuhkan sepanjang ini, ibaratnya perlu energi di ujung ini. Jadi yang hidup itu di bagian folikel rambut, di bawah kulit,” ujar dr.Aini, yang dilansir dari Okezone.com, Sabtu (22/6/2024).

“Tapi untuk dia mau nambah, mau menambahkan sepanjang itu, dia perlu energi besar ibaratnya,” tuturnya.

Namun, selama rambut itu sehat, dr.Aini memastikan bahwa seseorang bisa memiliki rambut sepanjang apapun yang mereka inginkan tanpa khawatir dengan masalah kerontokan.

“Jadi selama dia sehat, dia bisa dipanjangkan sepanjang apapun. Tapi dia kalau ibaratnya lagi kurang baik, otomatis dia hanya cukup sampai panjang tertentu. Jadi habis itu dia di sini mengecil, pecah, dan sebagainya, karena energinya sampai ke ujung,” katanya.

#Kesehatan

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index