Panpel Konferkab Buka Pendaftaran Bacalon Ketua PWI Bengkalis, Ini Syaratnya

Panpel Konferkab Buka Pendaftaran Bacalon Ketua PWI Bengkalis, Ini Syaratnya
Pendaftaran Bacalon PWI Kabupaten Bengkalis.

Riauaktual.com - Tahapan Konferensi Kabupaten (Konferkab) VI Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bengkalis memasuki tahapan pendaftaran bakal calon ketua untuk masa jabatan 2024-2027.

Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Konferkab VI Agustiawan mengatakan, pendaftaran secara resmi dibuka mulai tanggal 20-25 Juni 2024. Diwaktu yang telah ditetapkan itu, bakal calon ketua dapat langsung mengambil dan mengembalikan formulir pendaftaran langsung ke Sekretariat PWI Jalan Hasanuddin, Bengkalis.

"Mekanisme pendaftaran ini merupakan tahapan yang ditetapkan PWI. Bagi bakal calon yang berminat maju dalam kontestasi kami persilahkan dengan hormat untuk mendaftarkan diri pada waktu yang telah ditetapkan tersebut," ucapnya kepada sejumlah wartawan, Selasa (18/6/2024).

Menurut Sekretaris PWI Kabupaten Bengkalis ini, sesuai pasal 26 ayat 2 Peraturan Dasar (PD) PWI Tentang syarat calon, bakal calon diwajibkan mengisi formulir pendaftaran, melampirkan fotocopy kartu PWI biru atau KTA berstatus Biasa.

"Kemudian, melampirkan fotocopy uji kompetensi wartawan (UKW) atau sertifikat UKW Madya, melampirkan fotocopy kartu tanda penduduk (KTP) dan melampirkan pas photo ukuran 4x6 (warna) 2 lembar,"terangnya.

Tidak sampai disitu, bakal calon diwajibkan, membuat surat pernyataan tidak sebagai ASN, PNS (Kecuali pegawai RRI, TVRI dan LKBN Antara), tidak pengurus partai, tidak menjadi anggota organisasi sejenis,  tidak sedang menjadi caleg.

Selanjutnya, surat pernyataan bermaterai dari perusahaan pers bahwa benar masih berprofesi sebagai wartawan dan bukti pernah menjadi pengurus PWI Kabupaten atau pengurus provinsi.

"Syarat-syarat ini adalah ketentuan yang diamanatkan peraturan dasar PWI sebagaimana petunjuk PWI Provinsi Riau," cakap Agus.

Agus mengatakan, Panpel menerima pendaftaran bakal calon di Sekretariat PWI dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Atau para pihak bisa menghubungi Panpel.

"Setelah menerima berkas bakal calon, kita akan melaporkan dan menyerahkan berkas kepada PWI Provinsi Riau untuk proses penetapan sebagai calon. Itu menjadi kewenangan pengurus PWI Riau," jelasnya.

Jika tidak ada aral melintang, Konferensi PWI Bengkalis akan dilaksanakan 22-23 Juli 2024. Segala kesiapan mensukseskan agenda akbar tiga tahunan organisasi profesi wartawan tertua di Indonesia itu dilakukan.

"Diwaktu jelang Konferensi silakan para pihak, bakal calon untuk menyampaikan gagasan, visi misi untuk mendapatkan simpati para pemilik kartu biasa. Dan yang paling terpenting, tetap menjaga persahabatan dalam persatuan," imbuh Agus lagi.

Dia berharap, Konferensi PWI mendapat dukungan dari semua pihak khusus Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang selama ini selalu mensupport penuh kegiatan-kegiatan PWI.

#PWI RIAU #Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI ) #BENGKALIS

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index