Ini 4 Tips Sehat Konsumsi Daging

Ini 4 Tips Sehat Konsumsi Daging
Cara mencegah kolesterol saat konsumsi daging. (Foto: Freepik.com)

Riauaktual.com - Perayaan Idul Adha jadi momentum untuk mengonsumsi aneka hidangan daging sapi dan kambing bersama keluarga. Beragam menu seperti sate hingga sop siap dihidangkan di meja makan.

Meski menu daging melimpah, Anda perlu hati-hati saat mengonsumsinya di momen Idul Adha ini. Bila kalap, risiko kesehatan bisa terancam karena tingginya kolesterol yang naik saat mengonsumsi daging yang tidak terkontrol.

Tak perlu khawatir, ada cara sehat agar Anda tetap bisa menikmati olahan daging di momen Idul Adha ini dan mengurangi risiko terkena kolesterol tinggi.

Berikut tips sehat makan daging saat perayaan Idul Adha, melansir dari Okezone.com, Rabu (19/6/2024).

1. Pilih Masakan Daging yang Rendah Lemak

Cara pertama ialah memilih olahan atau menu masakan daging yang rendah lemak. Biasanya, daging memang terasa lezat bila dimasak dengan santan atau bumbu-bumbu lainnya. Agar lebih sehat, pilihlah menu daging yang dipanggang atau bakar. Usahakan untuk memasak daging tanpa harus menambahkan mentega, minyak, atau banyak garam.

2. Tambahkan Sayuran

Saat mengonsumsi daging, Anda bisa menambahkan menu sayuran segar sebagai makanan pendamping. Sayur atau kacang-kacangan bisa menjadi sumber vitamin dan mineral dan cocok disantap bersama olahan daging.

Anda bisa mengolah brokoli, kacang polong dan sayuran lainnya sebagai pendamping makan daging. Selain menambah manfaat, sayur-sayuran ini juga memberi kesan segar pada menu daging Anda.

3. Tidak Kalap saat Makan

Olahan daging memang sedap dan lezat. Apalagi bila daging sapi ataupun kambing dimasak dengan bumbu yanh kaya rempah. Meski terasa nikmat, pastikan Anda tidak mengonsumsinya dengan berlebihan.

Batasi asupan daging Anda agar tidak terlalu banyak saat momen Idul Adha ini. Anda bisa mengalihkannya dengan makan buah agar tak kalap saat memgonsumsi olahan daging.

4. Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih usai makan olahan daging sangat dianjurkan. Melansir Windom Area Health, perbanyak minum air putih akan membantu menurunkan penyakit jantung dan memastikan darah tetap bergerak. Air putih juga bisa membersihkan serta menghilangkan penumpukan limbah kolesterol dari dalam tubuh.


 

#Kesehatan

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index