Distankan Pekanbaru Buka 4 Posko Pengaduan Daging Kurban Bermasalah

Distankan Pekanbaru Buka 4 Posko Pengaduan Daging Kurban Bermasalah
Kepala Distankan Pekanbaru, Muhammad Firdaus

Riauaktual.com - Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru, membuka empat posko pengaduan terhadap daging kurban bermasalah. Masyarakat bisa mengadukan ke posko yang tersedia jika menemukan daging yang mencurigakan. 

Posko itu yakni Pusat Kesehatan Hewan Rumbai di Jalan Limbungan, dan Rumah Potong Hewan di Jalan Cipta Karya. Kemudian, dua lokasi lainnya yaitu di Kantor Distankan Kota Pekanbaru, Jalan Ibrahim Sattah, dan di Jalan Pesantren Kulim.

"Kalau ada daging yang mencurigakan hasil pemotongan hewan di lokasi penyelanggaraan kurban," kata Kepala Distankan Kota Pekanbaru M Firdaus, Senin (17/6).

Masyarakat maupun penyelenggara kurban Idul Adha 1445 H harus mewaspadai adanya daging hewan kurban yang bermasalah. Mereka harus waspada ketika mendapati cacing atau parasit dalam daging kurban.

Ia menuturkan, untuk sementara hewan kurban yang dipotong hari ini sudah menjalani pemeriksaan kesehatan.

Petugas Distankan Pekanbaru sudah melakukan pemeriksaan terhadap ribuan hewan kurban. Mereka sudah melakukan pemeriksaan kesehatan di 180 titik lokasi penjualan hewan kurban, dan mayoritas dalam kondisi sehat.

"Hewan kurban dalam kondisi sehat, belum ditemukan adanya penyakit bersifat zoonosis seperti penyakit kuku dan LSD," terang Firdaus. 

Total jumlah hewan kurban yang dipotong hari ini belum dipastikan. Jumlahnya masih menanti informasi dari Kantor Kementrian Agama Pekanbaru. Namun diperkirakan jumlah kebutuhan di Pekanbaru mencapai 8.000 ekor lebih sapi dan kambing.

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index