Dokter Anjurkan Pemberian Minyak Ikan untuk Bayi Melalui ASI Ibu Menyusui

Dokter Anjurkan Pemberian Minyak Ikan untuk Bayi Melalui ASI Ibu Menyusui
Konsumsi minyak ikan untuk bayi, (Foto: Freepik)

Riauaktual.com - Minyak ikan adalah minyak yang diekstraksi dari jaringan ikan dan mengandung sumber asam lemak omega-3 yang tinggi. Minyak ikan biasanya tersedia di pasaran dalam bentuk produk cair, kapsul, maupun pil.

Minyak ikan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti menurunkan tekanan darah, mencegah penyakit jantung, menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan mata, mengurangi peradangan, dan masih banyak lagi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga merekomendasikan untuk makan 1-2 porsi ikan per minggu.

Dengan banyaknya manfaat kesehatan yang ditawarkan, muncul pertanyaan apakah minyak ikan boleh diberikan kepada bayi usia dua bulan?

Dokter Spesialis Anak, dr. Harun Albar, SpA M.Kes, menjelaskan bahwa minyak ikan memang penting bagi anak, terutama karena kandungan omega-3 yang sangat tinggi. Namun, sebaiknya bayi usia dua bulan hanya diberi ASI.

"Yang perlu diketahui oleh orang tua adalah bahwa yang terpenting itu adalah ASI eksklusif. Artinya, di bawah enam bulan tidak ada pemberian apa pun selain ASI,” tulis dr. Harun seperti dikutip dari Instagram @harun_albar, Sabtu (8/7/2024).

Dokter Harun menambahkan bahwa minyak ikan memang penting untuk perkembangan otak anak, tetapi sebaiknya diberikan melalui ibu yang menyusui, bukan langsung kepada bayi.

“Dengan mengonsumsi minyak ikan, kandungan omega-3 pada ASI akan makin banyak dan bermanfaat untuk bayi,” tegas dr. Harun singkat.

 


Sumber : Okezone.com

#Kesehatan

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index