Apa Bisa Obati Mata Belekan pada Anak Pakai ASI?

Apa Bisa Obati Mata Belekan pada Anak Pakai ASI?
ASI untuk obat mata, (Foto: Freepik)

Riauaktual.com - Kondisi mata kotor atau belekan, jadi salah satu masalah yang rentan diderita oleh bayi. Masalah ini, umumnya didorong oleh berbagai faktor mulai karena konjungtivitis, penyumbatan saluran air mata, hingga mata kering.

Beberapa orang menganggap mengatasi mata belekan pada anak, bisa dengan ASI yang dijadikan sebagai obat tetes. Lantas apakah benar ASI bisa untuk obat tetes mata?

Dijelaskan Dokter Spesialis Anak, dr. Harun Albar, SpA M.kes, ASI sebagai pengobatan tetes mata pada anak itu sebetulnya masih menjadi perdebatan. Beberapa penelitian mengatakan boleh, dan ada beberapa yang masih meragukan hal tersebut.

(Foto: Tangkapan layar Twitter @harun_albar)

“Kenapa? Menurut jurnal PubMed tahun 2021 mengatakan bahwa pemberian tetes mata pada bayi dengan ASI dan tetes mata reguler itu tidak ada perbedaan signfikan. Artinya apa? Manfaatnya enggak begitu beda jauh,” jelas dr.Harun panjang lebar, dikutip dari akun Twitter pribadinya, @harun_albar, Selasa (4/6/2024).

Maka dari itu, dr.Harun sendiri secara pribadi menyarankan untuk para ibu tidak sembarangan menggunakan ASI sebagai obat tetes mata. Sebaiknya gunakan ASI sesuai fungsi utamanya, yakni cukup untuk menyusui saja.

“Kalau anak belekan ya tinggal dibersihin. Jangankan bayi, kita yang orang dewasa saja kalau bangun tidur matanya belekan,” lanjutnya.

Jika mendapati buah hati belekannya semakin parah, dan dicurigai ke arah infeksi, seperti kuning atau mata merah, maka jalan terbaik adalah segera memeriksakan anak ke dokter.

“Nah kalau keadaan kayak gitu harus segera dibawa ke dokter, buat dapat obat yang tepat,” tegas dr. Harun.

 

Sumber: Okezone.com


 

#Kesehatan

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index