Berikut 2 Olahraga Paling Baik untuk Kesehatan Kardiovaskular

Berikut 2 Olahraga Paling Baik untuk Kesehatan Kardiovaskular
Olahraga Kardio Terbaik. (Foto: Freepik)

Riauaktual.com - Banyak orang melakukan berbagai bentuk olahraga untuk meningkatkan kesehatan jantung. Tapi, olahraga paling efektif untuk jantung adalah olahraga kardio.

Jake Harcoff, CSCS, spesialis kekuatan dan pengondisian bersertifikat dan pendiri AIM Athletic, mengatakan bahwa mendayung dan bersepeda adalah beberapa latihan kardio terbaik yang pernah ada. Tapi memilih di antara kedua latihan tersebut harus didasarkan pada kebugaran, kebugaran, dan tujuan Anda.

"Mendayung dan bersepeda memiliki kesamaan penting dengan olahraga kardiovaskular, terutama dalam kemampuannya meningkatkan detak jantung dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular," kata Harcoff seperti dilansir dari Well and Good.

Latihan mendayung melibatkan otot-otot besar dan membangun daya tahan dan kekuatan, yaitu kaki, inti, punggung, dan lengan. Mendayung juga mengurangi stres sendi, jadi baik untuk orang yang memiliki masalah sendi atau mereka yang mencari olahraga ringan. Namun dibalik kelebihannya, dayung mempunyai kelemahan, yakni kekhususannya.

"Itu berarti tidak semua orang memiliki peralatan yang tepat. Berbeda dengan olahraga sederhana seperti lari, Anda tidak bisa hanya memakai sepatu dan pergi. Hal itu dapat membatasi daya tariknya," kata Harcoff.

Oleh karena itu, bisa menjadi pilihan untuk berlatih kardio. Pasalnya, latihan bersepeda menargetkan otot-otot tubuh bagian bawah, termasuk paha depan, paha belakang, glutes, dan betis.

"Bersepeda juga melatih otot inti Anda untuk stabilitas dan keseimbangan, terutama saat Anda bersepeda di medan yang kasar atau dengan kecepatan lebih tinggi," kata Harcoff.

Meskipun bersepeda sebagian besar merupakan latihan tubuh bagian bawah, otot-otot bagian bawah tubuh bagian atas, termasuk lengan dan bahu, juga dapat diaktifkan pada tingkat yang lebih rendah, terutama dengan menjaga postur tubuh yang benar dan menangani sepeda.

Bersepeda juga meningkatkan detak jantung Anda dan merupakan latihan kardiovaskular ampuh yang membantu meningkatkan kesehatan jantung, fungsi paru-paru, dan daya tahan secara keseluruhan.

Harcoff mengatakan, berbeda dengan mendayung, bersepeda dapat dilakukan baik di dalam maupun di luar ruangan sebagai terapi kesehatan mental untuk mencari udara segar. Kebugaran bersepeda yang tidak tepat juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau nyeri, terutama di punggung bagian bawah, leher, atau pergelangan tangan, kata Harcoff

"Salah satu kelemahan bersepeda adalah risiko kecelakaan atau cedera, terutama jika Anda bersepeda di jalan yang sibuk atau medan yang berat," kata Harcoff.

 

 

Sumber: Okezone.com


 

#Kesehatan

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index