ASI Bisa Obati Mata Belekan? Berikut Faktanya!

ASI Bisa Obati Mata Belekan? Berikut Faktanya!
ASI bisa obati mata belekan? (Foto: Freepik.com)

Riauaktual.com - Mata belekan merupakan masalah yang rentan diderita oleh bayi. Hal itu terjadi karena konjungtivitis, penyumbatan saluran air mata, hingga mata kering merupakan penyebab kondisi ini.

Beberapa orang menganggap mengatasi mata belekan bisa dengan ASI yang dijadikan sebagai obat tetes. Lantas apakah benar ASI bisa untuk obat tetes mata?

Dokter Spesialis Anak, dr. Harun Albar, SpA M.kes menjelaskan ASI untuk obat tetes mata itu masih menjadi perdebatan. Beberapa penelitian mengatakan boleh, dan ada beberapa yang masih meragukan hal tersebut.

“Kenapa? Menurut jurnal PubMed tahun 2021 mengatakan bahwa pemberian tetes mata pada bayi dengan ASI dan tetes mata reguler itu tidak ada perbedaan signfikan. Artinya apa? Manfaatnya nggak begitu beda jauh,” ujar dr Harun dalam cuitannya di X @harun_albar, Minggu (2/6/2024).

Untuk itu, dr Harun menyarankan untuk para ibu tidak menggunakan metode ASI lagi sebagai obat tetes mata. Sebaiknya gunakan ASI cukup untuk menyusui saja.

“Kalau anak belekan ya tinggal dibersihin. Jangankan bayi, kita yang orang dewasa aja kalau bangun tidur matanya belekan,” ucapnya.

Namun bila si kecil belekannya dicurigai ke arah infeksi, seperti kuning atau mata merah sebaiknya dibawa ke dokter.

“Nah kalau keadaan kayak gitu harus segera dibawa ke dokter buat dapat obat yang tepat,” katanya.

 

 

Sumber: Okezone.com

#Kesehatan

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index