Usai Lebaran, Sampah di Pekanbaru Bertebaran

Usai Lebaran, Sampah di Pekanbaru Bertebaran
Tumpukan sampah di Pekanbaru saat Lebaran

PEKANBARU (RA) - Setelah pelaksanaan Idul Fitri selesai dilaksanakan pada 19 Agustus 2012 lalu, saat ini Kota Pekanbaru terlihat kurang baik karena banyaknya tumpukan sampah dimana-mana. Hal ini disebabkan, menurunnya kesadaran masyarakat untuk tertib membuang sampah. Sebab, petugas kebersihan dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Pekanbaru diketahui tidak libur selama lebaran dan tetap bekerja menjaga kebersihan Kota Pekanbaru selama lebaran.

"Kebersihan ini kan ada beberapa instansi yang berwewenang, seperti DKP, kecamatan, pihak ketiga dan swasta. Sekarang ini kondisi tumpukan sampah ini tentunya tidak terlepas dari kurang maksimalnya kinerja pihak kebersihan kecamatan atau mungkin juga pihak ketiga yang melakukan pengelolaan sampah selama lebaran. Ini harus dicarikan solusi oleh Pemko Pekanbaru agar pihak kecamatan dan swasta dapat kembali maksimal melakukan pengolahan sampah sehingga tidak terjadi penumpukan," demikian dikatakan Ketua Komisi II DPRD Kota Pekanbaru, Ir Nofrizal MM ketika dikonfirmasi melalui selulernya, Kamis (23/8).

Dari pantauan lapangan, menurut politisi Partai Amanat Nasional tersebut, petugas kebersihan dari Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tampak tetap bekerja seperti hari biasanya mengangkut sampah yang ada di pinggir jalan. Akan tetapi, sampah yang menumpuk saat ini bukan di pinggir jalan melainkan dalam lingkungan masyarakat. Sehingga dapat dipastikan, kinerja petugas kebersihan kecamatan tidak maksimal saat lebaran ini.

"Seharusnya pihak kecamatan dan pihak swasta yang mengelolah sampah ini harus saling bersinergi dan berkoordinasi. Meskipun lebaran, mereka harus dapat mengangkut sampah yang ada di lingkungan masyarakat, sehingga sampah tidak sampai menumpuk dan membusuk di pekarangan warga," kata Nofrizal. (RA1)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index