Racikan Jeruk Nipis dan Kecap Bisa Sembuhkan Radang Tenggorokan? Berikut Faktanya!

Racikan Jeruk Nipis dan Kecap Bisa Sembuhkan Radang Tenggorokan? Berikut Faktanya!
Kecap jeruk nipis mampu atasi radang tenggorokan? (Foto: Freepik.com)

Riauaktual.com - Sakit radang tenggorokan kerap kali menghantui baik kelompok usia muda maupun tua. Biasanya kondisi tersebut hadir disertai dengan demam dan sakit kepala.

Salah satu racikan obat alami yang disarankan untuk dikonsumsi ketika sakit tenggorokan yaitu campuran air jeruk nipis dan kecap manis. Banyak orang percaya ramuan tersebut ampuh mengobati radang tenggorokan.

Lantas benarkan racikan jeruk nipis dan kecap secara medis ampuh untuk mengobati radang tenggorokan?

Menanggapi hal tersebut, dokter sekaligus Content Creator Kesehatan, dr. Adrian Setiaji menjelaskan bahwa kandungan jeruk nipisnya memang bisa mengobati sakit tenggorokan, namun tidak dengan kecap manis.

“Jawabannya ada dua ya. Pertama jeruk nipisnya bener ngefek, tapi yang kedua kecap manisnya itu gak ngefek,” kata dr. Adrian, dikutip dari akun Instagram @doktermedok, Selasa (21/5/2024).

Dokter Adrian menyebut kalau jeruk nipis memang bermanfaat untuk mengobati radang tenggorokan. Sebab kandungan dari jeruk nipis bisa memberikan efek anti inflamasi, anti bakteri, serta mampu menangkal radikal bebas.

“Kalo jeruk nipis sendiri itu dia punya efek anti inflamasi, penangkal radikal bebas, punya efek anti bakteri juga dan pastinya dapat bermanfaat kalau terjadi radang tenggorokan,” ujarnya.

Akan tetapi, kecap manis dalam racikan tersebut tidak memiliki manfaat bagi kesehatan. Hanya saja kecap manis berperan untuk menetralisir rasa asam dari jeruk nipis.

“Nah kecap manisnya ini sebetulnya itu hanya untuk menetralisir rasa asamnya aja. Jadi biar gak asem-asem banget gitu, makanya dikasih kecap manis. Tapi sebenernya gak ada manfaat kesehatannya,” tutur dr. Adrian.

Meski begitu, dr. Adrian menyarankan bagi orang-orang yang tahan asam sebaiknya langsung mengkonsumsi jeruk nipis tanpa tambahan penetralisir. Selain kecap manis, dr. Adrian lebih menyarankan penggunaan madu untuk mengganti kecap.

Sebab kandungan madu memiliki manfaat anti inflamasi dan anti mikrobial yang bisa membantu meredakan nyeri akibat radang tenggorokan.

“Sebenernya kalo temen-temen yang tahan asem, minum jeruk nipisnya aja gak masalah. Tapi kalo enggak, justru yang disaranin itu pakai madu. Madu ini juga punya efek anti inflamasi, menangkal radikal bebas, dan juga punya anti mikrobial,” katanya.

 

Sumber: Okezone.com


 

#Kesehatan

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index