7 Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan

7 Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan
Manfaat daun kelor bagi kesehatan. (Foto: Freepik.com)

Riauaktual.com - Daun kelor dikenal sebagai daun yang memiliki berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa. Daun yang berasal dari pohon kelor ini tumbuh subur di wilayah Asia, Afrika, dan Amerika Selatan. Uniknya, setiap bagiannya mulai dari daun, buah, getah, minyak, akar, kulit kayu, biji, hingga bunganya memiliki khasiat obat.

Khasiatnya telah lama dikenal dan dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional. Keanekaragaman manfaat kesehatan dari pohon kelor ini membuatnya menjadi tanaman yang sangat berharga dalam berbagai budaya. Berkat kandungan gizinya yang tinggi, daun kelor juga sering digunakan dalam berbagai masakan dan pengobatan tradisional.

Baik dimakan segar, dimasukkan ke dalam jus, atau diolah menjadi sayuran tumis, daun kelor juga memberikan berbagai manfaat kesehatan yang membuatnya layak mendapatkan julukan 'pohon ajaib'.

Namun, daun kelor tidak hanya memberikan nilai gizi yang tinggi, tetapi juga memiliki berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa. Merangkum dari PharmEasy pada Kamis (23/5/2024), berikut adalah tujuh manfaat utama daun kelor yang baik untuk Kesehatan.

1. Kaya Vitamin dan Mineral

Daun kelor sangat kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, C, B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B6 dan Folat. Selain itu daun kelor juga mengandung magnesium, zat besi, kalsium, fosfor, dan seng.

Satu cangkir daun kelor mengandung 2 gram protein, magnesium (8 persen RDA), vitamin B6 (19 persen RDA), zat besi (11 persen RDA), riboflavin (11 persen RDA), dan vitamin A (9 persen RDA). Kandungan nutrisi yang tinggi ini dapat menjadikan daun kelor sebagai tambahan untuk menambah beragam nutrisi penting dalam pola makan Anda.

2. Melawan Peradangan

Daun kelor memiliki sifat anti-inflamasi berkat kandungan isothiocyanates dan niazimicin. Peradangan kronis adalah akar dari beberapa penyakit serius seperti kanker, arthritis, dan berbagai penyakit autoimun.

Mengonsumsi daun kelor dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, sehingga berpotensi mencegah perkembangan pada penyakit-penyakit tersebut.

3. Kaya Antioksidan

Kandungan antioksidan dalam daun kelor, termasuk vitamin C, beta-karoten, quercetin, dan asam klorogenat dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Antioksidan ini memainkan peran penting dalam mencegah penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan Alzheimer. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi rutin daun kelor dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam darah secara signifikan.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun kelor dapat membantu menstabilkan kadar gula darah, yang sangat penting dalam mencegah diabetes. Kandungan isothiocyanates dalam daun kelor diketahui sangat efektif untuk menurunkan kadar gula darah. Ini membuat daun kelor menjadi pilihan yang sangat bermanfaat bagi mereka yang berisiko atau sudah menderita diabetes.

5. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Daun kelor telah terbukti efektif dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi daun kelor dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan melindungi kesehatan jantung.

6. Baik untuk Kulit dan Rambut

Karena banyaknya antioksidan dan nutrisi, daun kelor dapat meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit serta rambut. Antioksidan dalam daun kelor dapat membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan pada kulit.

Ekstak daun kelor yang diaplikasikan pada kulit kepala dapat mengurangi ketombe dan meningkatkan kesehatan rambut. Daun kelor juga dapat memperkuat akar rambut dan meningkatkan elastisitas kulit.

7. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Dengan kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi, daun kelor sangat baik untuk kesehatan tulang. Selain itu, sifat anti-inflamasi daun kelor membantu melawan radang sendi dan bahkan dapat membantu menyembuhkan tulang yang rusak. Konsumsi daun kelor secara teratur dapat mendukung kekuatan dan kesehatan pada tulang.

Meskipun daun kelor memiliki banyak manfaat, tenyata daun kelor juga memiliki beberapa potensi risiko yang perlu diwaspadai, dan jika dikonsumsinya secara berlebihan dapat mengakibatkan gangguan pada pencernaan. Namun pada wanita hamil dan yang sedang menyusui harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi daun kelor.

#Kesehatan

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index