Daya Tampung Terbatas, Disdik Pekanbaru Data Kuota SD SMP

Daya Tampung Terbatas, Disdik Pekanbaru Data Kuota SD SMP
Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru, Abdul Jamal

Riauaktual.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, melakukan pendataan daya tampung sekolah negeri. Pendataan guna persiapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024/2025.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal mengatakan, pihaknya memastikan kuota peserta didik dalam PPDB tahun ini. 

Proses pendataan terhadap kuota PPDB Pekanbaru di SD dan SMP Negeri masih berlangsung hingga kini.

"Kita masih mendata kuota dari setiap sekolah, baik SD maupun SMP, kita segera merampungkan pendataannya," kata Abdul Jamal, Jumat (10/5/2024). 

Pihaknya juga sedang mempersiapkan persyaratan PPDB yang bakal bergulir pada awal Juli 2024. Jamal mengatakan persyaratan untuk PPDB tahun ini belum final karena proses penyusunan.

Dirinya menyebut ada empat jalur penerimaan dalam PPDB secara online kali ini. Jalur penerimaan itu yakni zonasi, affirmasi, pindah orangtua dan jalur prestasi.

Zonasi untuk peserta didik yang rumahnya berada tidak jauh dari sekolah. Affirmasi yakni jalur bagi calon peserta didik yang kurang mampu dari segi ekonomi.

Ada juga jalur prestasi bagi calon peserta didik yang memiliki prestasi akademik dan non akademik.

"Satu jalur lagi yaitu jalur pindah orangtua ke Pekanbaru," terang Jamal. 

Seperti diketahui bahwa daya tampung SMP negeri terbatas. Berkaca dari tahun 2023 kemarin, dari 45 SMP negeri yang ada di Pekanbaru, hanya dapat menampung sekitar 9 ribu siswa. 

Lalu untuk tamatan SD pada tahun tersebut diperkirakan mencapai 20 ribu siswa. Artinya belasan ribu siswa harus mencari sekolah swasta karena daya tampung sekolah negeri yang minim.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index