Ini Tips Mengatasi Anak Tantrum di Tempat Umum

Ini Tips Mengatasi Anak Tantrum di Tempat Umum
Cara mengatasi anak tantrum. (Foto: Freepik.com)

Riauaktual.com - Tantrum adalah ledakan perilaku yang mencerminkan respon disregulasi terhadap rasa frustasi pada anak. Biasanya anak merasa tantrum ketika merasa tidak menyenangkan dan berada di situasi yang yang tidak sesuai keinginannya. Mereka otomatis akan menunjukkan perlikau agresif sebagai respon kemarahannya.

Kita sering melihat anak-anak yang tantrum saat di tempat umum. Biasanya mereka menginginkan sesuatu namun tidak sesuai untuk usianya. Anak-anak tersebut akan teriak, menangis hingga guling-guling di lantai. Kondisi ini terkadang bikin orangtua jengkel hingga ikut marah kepada anak.

Lantas bagaimana sih mengatasi anak yang tantrum di depan umum?

Dokter Spesialis Anak, DR dr I Gusti Ayu Trisna Windiani, Sp.A(K) menjelaskan ketika anak tantrum di depan umum, sebaiknya orangtua mengajak anak ke tempat yang lebih sepi.

“Jangan biarkan anak tantrum di depan keramaian sehingga menjadi tontonan banyak orang. Selamatkan dan amankan dia dari orang lain,” ujar dr Trisna dalam Webinar IDI bertajuk Tantrum: Bagaimana Mencegah dan Mengatasinya?, Minggu (28/4/2024).

Menurut dr Trisna, menghadapi anak yang tantrum memang perlu kesabaran yang lebih. Jadi orangtua harus berikan waktu kepada anak meluapkan emosinya. Setelah emosinya sudah menurun baru diberi pengertian.

“Ibu atau ayah bisa kasih tahu kalau misalnya mainan itu tidak cocok dengan usia si kecil. Kemudian bisa kasih pilihan untuk mainan lain,” katanya.

Dokter Trisna menambahkan cara ini harus dilakukan secara konsisten agar anak bisa mengontrol emosinya. Sebab terkadang nenek atau kakeknya tidak tega yang justru memberikan apapun yang diinginkan oleh si anak ketika tantrum.

“Nantinya si anak akan memakai metode itu, oh kalau cara minta mainan harus nangis dulu, pasti nenek tidak tega,” ujarnya.

 

 

Sumber: Okezone.com

#Kesehatan

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index