8 Rempah Ini Efektif Bantu Turunkan Berat Badan

8 Rempah Ini Efektif Bantu Turunkan Berat Badan
Cabai rawit jadi salah satu herbal penurun berat badan. (Foto: Freepik.com)

Riauaktual.com - Menjadikan makanan diet terasa lebih enak dan menarik adalah kunci kesuksesan dalam program penurunan berat badan. Salah satu cara efektif untuk meningkatkan rasa pada makanan tanpa menambah kalori, gula, dan natrium adalah dengan memanfaatkan rempah-rempah dan herbal.

Selain menambah cita rasa, rempah-rempah juga dikenal dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang membantu proses pembakaran lemak dan membawa manfaat kesehatan tambahan.

Melansir dari Times Entertainment pada Kamis (18/4/2024), berikut delapan bumbu dan rempah berkhasiat yang dapat membakar lemak lebih cepat dan membuat langsing dalam waktu singkat.

1. Kunyit

Studi 2009 oleh Tufts University telah menunjukkan bahwa kurkumin dalam kunyit dapat membantu tubuh membakar lemak yang menurunkan berat badan. Kunyit adalah bumbu penghangat yang meningkatkan panas tubuh, sehingga dapat meningkatkan metabolisme dan memberikan manfaat kesehatan lainnya.

2. Kayu Manis

Kayu manis dikatakan dapat mengekang rasa lapar dan mengontrol kadar gula darah. Untuk itu, kayu manis dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Anda dapat mencampurkan kayu manis ke dalam oatmeal, yoghurt, teh, atau bahkan makanan utama seperti daging dan ayam.

3. Cabai Rawit

Cabai rawit meningkatkan suhu tubuh dan metabolisme. Semakin tinggi metabolisme, semakin banyak kalori yang dibakar. Menambahkan cabai rawit ke dalam makanan dapat membantu membakar hingga 100 kalori per makanan. Taburkan cabai rawit pada berbagai masakan seperti sup, telur, atau saus untuk menambah rasa.

4. Jintan

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan pada wanita yang kelebihan berat badan menunjukkan bahwa menambahkan satu sendok makan biji jintan ke semua makanan utama setiap hari dapat membantu membakar lemak tiga kali lebih banyak. Selain itu, jintan juga menambahkan rasa yang enak pada makanan. Anda dapat menambahkannya ke dalam sup, dressing, sayuran, kacang-kacangan, dan roti.

5. Jahe

Jahe membantu mengontrol kadar gula darah dan memiliki sifat termogenik yang membantu dalam pembakaran lemak. Anda dapat menambahkan jahe ke dalam teh, salad, ikan, buah-buahan, dan lainnya untuk mendukung program penurunan berat badan Anda.

6. Rosemary

Rosemary membantu meningkatkan laju metabolisme, membantu pencernaan, serta penurunan berat badan. Rendam daun runcing berwarna hijau ini ke dalam air mendidih selama beberapa menit untuk di saring airnya. Air yang disaring dapat dikonsumsi suam-suam kuku kapan saja sepanjang hari, namun tidak dengan perut kosong.

7. Kapulaga

Kapulaga, juga disebut elaichi, adalah rempah-rempah India yang populer dengan rasa yang unik. Sifat termogenik yang di milikinya dapat membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, kapulaga juga mencegah pembentukan gas yang dapat membuat merasa kembung dan tidak nyaman. Tambahkan satu atau dua jumput bubuk kapulaga ke dalam makanan Anda untuk menurunkan berat badan lebih cepat.

8. Lada Hitam

Lada hitam kaya akan piperin yang memberi rasa unik dapat membantu mencegah pembentukan sel-sel lemak yang menurunkan hingga mempertahankan berat badan. Anda bisa menggabungkan lada hitam dan cabai rawit untuk hasil penurunan penurunan berat badan yang lebih baik.

#Kesehatan

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index